Sunday 28 May 2017

PROPOSAL SPAREPART KOMPUTER



PROPOSAL USAHA
“SPAREPART KOMPUTER”
Disusun untuk memenuhi tugas Ujiah Tengah Semester Mata Kuliah Kewirausahaan
Dosen : Eva Sutihat, S.E., M.M







Disusun oleh :
DARMAWANTO
E11140057



PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
FAKULTAS INFORMATIKA DAN KOMPUTER
UNIVERSITAS MATHLA’UL ANWAR
TAHUN 2016
KATA PENGANTAR

            Puji dan Syukur mari kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan Rahmat taufik dan hidayah-Nya sehingga Proposal ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya.
Penyusun menyadari banyak kekurangan dalam penyusunan proposal ini, itu dikarenakan kemampuan yang terbatas. Namun berkat bantuan dan dorongan serta bimbingan dari berbagai pihak, akhirnya pembuatan proposal ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya.
Penyusun berharap dengan proposal ini dapat bermanfaat khususnya bagi Penyusun dan bagi para pembaca pada umumnya serta semoga dapat menjadi bahan pertimbangan dan meningkatkan prestasi dimasa yang akan datang.




Menes,   November 2016


Penyusun


PROPOSAL USAHA SPAREPART KOMPUTER

A.    Latar Belakang
a.      Faktor Ekonomi
Pada era globalisasi modern saat ini komputer / laptop adalah sebuah alat yang sudah sangat pupuler dikalangan masyarakat luas. komputer telah memberikan berbagai macam kemudahan bagi manusia dalam melaksanakan berbagai macam aktivitas hariannya. Tugas kuliah, sekolah, tugas kantor, bahkan tugas rumah.
Melihat perkembangan komputer saat ini, kita dapat menarik simpul bahwa hampir semua lapisan masyarakat sudah mengoperasikan computer. Dan prekonomian meningkat banyak yang sudah terkomputerisasi.
Maka dari itu udaha service computer sangat menjajikan, mengingat kebanyakan masyarakat hanya bisa mengoperasikan komputernya, belum tahu bagaimana cara merawat dan perbaikan computer itu sendiri.

b.      Masalah Sosial Budaya
Teknologi yang berkembang begitu pesat menuntut semua pihak yang aktivitas hidupnya terikat dengan perangkat tersebut untuk segera menyesuaikan diri baik dalam kebutuhan hardware maupun skill. Hal tersebut bukanlah mengikuti tren semata, namun lebih berorientasi pada penjunjung kelancaran kerja ataupun aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Yang tentu saja dengan adanya teknologi baru baik hardware maupun software akan sangat mendukung terhadap kecepatan dan kekuatan hasil kinerja di segala bidang.
Komputer merupakan salah satu hasil produk teknologi yang banyak dipakai dalam menunjang aktivitas kerja sebuah lembaga maupun perorangan. Karena dengan kebutuhan perangkat tersebut mampu mempercepat dan kesempurnaan aktivitas kerja. Namun di sisi lain, tingginya ketergantungan aktivitas kerja pada komputer akan berdampak secara langsung pada kemampuan kinerja perangkat itu sendiri. Semakin sering dan lamanya waktu menggunakan perangkat komputer dalam berkerja, akan berdampak signifikan pada performa perangkat itu sendiri. Apalagi apabila pemakaian user tidak mempunyai cukup ilmu dalam menangani kerusakan sistem maupun hardware hal ini akan semakin menurunkan performa kinerja komputer tersebut.
Meningkatnya pengguna komputer dan banyaknya pengguna perangkat komputer yang tidak mampu menangani beberapa masalah terkait dengan kerusakan sistem operasi maupun kerusakan hardware memberi peluang tersendiri bagi para teknisi komputer untuk membuka usaha dibidang penservisan komputer. Persaingan usaha jasa service komputer ada di kota-kota besar karena banyaknya pihak yang membuka usaha tersebut, namun lain halnya dengan persaingan di kota-kota kecil kecamatan peluang usaha tersebut masih cukup menjanjikan untuk dijalankan. Atas dasar pemikiran itulah maka mengguli proposal ini kami yang mempunyai kecakapan ilmu di bidang yg trouble shooting komputer baik hardware maupun software berinisiatif mendirikan usaha jasa service komputer yang dapat dipercaya konsumen dan akurat.

c.       Keahlian Yang Dimiliki
Dengan latar belakang pendidikan pada jurusan informatika dan komputer universitas Mathla’ul Anwar dan melihat peluang bisnis yang terbuka lebar tersebut, kami bermaksud untuk membuka usaha sevice computer yang mampu memberikan hasil kerja yang berkwalitas dengan pelayanan yang sangat memuaskan.


B.     Tinjauan Teori
a.       Teori-teori yang mendasari usaha saya
1.      Pengrtian Komputer
Pengertian Komputer berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti 'menghitung', menurut salah satu sumber yang saya temukan. Menurut sumber yang lainnya, asal kata computer berasal dari bahasa Inggris compute. Meskipun begitu, kedua kata tersebut meskipun berasal dari bahasa yang berbeda mempunyai arti yang sama yakni “menghitung”.
Seiring dengan perkembangan teknologi, semakin luas pula bidang ilmu komputer. Oleh karenanya para pakar dan peneliti mempunyai sedikit perbedaan dalam menjelaskan definisi komputer. Pengertian komputer atau definisi komputer tersebut jika dijabarkan menurut pendapat para ahli adalah sebagai berikut;
Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi. Pengertian komputer tersebut dikemukakan oleh Hamacher .( V. Carl Hamacher, Zvonko G. Vranesic, Safwat G. Zaky, Computer Organization (5th Edition), McGraw-Hill, 2001.)
Komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
Ø  menerima input
Ø  memproses input tadi sesuai dengan programnya
Ø  menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
Ø  menyediakan output dalam bentuk informasi
Definisi komputer diatas dikemukakan oleh Menurut Blissmer (Robert H. Blissmer, Computer Annual, An Introduction to Information Systems 1985-1986 (2nd Edition), John Wiley & Sons, 1985.)
Komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia. Pengertian komputer diatas dikemukakan oleh Fuori (William M. Fuori, Introduction to the Computer: The Tool of Business (3rd Edition), Prentice Hall, 1981.)
Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. Definisi tersebut oleh Sanders (1985).
Untuk melakukan input data pada sebuah komputer, kita bisa menggunakan berbagai alat misalnya: mouse, keyboard, kamera digital, scanner dan lain-lain. Pada fungi pengolahan data, suatu komputer harus bisa melakukan proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berati. Informasi sendiri merupakan hasil dari suatu kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta. Jadi sebuah komputer harus bisa melakukan pengolahan data elektronik. Tentu proses pengolahan ini tergantung dari seberapa besar kemampuan software dan hardware yang dimiliki oleh sebuah komputer. Pada output data, kita mengenal berbagai alat yang dapat digunakan sebagai output data pada sebuah komputer. Contoh perangkat yang paling umum kita jumpai untuk output sebuah komputer adalah printer.
Komputer Generasi pertama
Komputer generasi pertama adalah ENIAC, yang merupakan komputer elektronik pertama didunia yang mempunyai bobot seberat 30 ton, panjang 30 M dan tinggi 2.4 M dan membutuhkan daya listrik 174 kilowatts. Komputer generasi pertama ini menggunakan Tabung hampa udara (vacum-tube) yang terbuat dari kaca untuk penguat sinyal. Namun hal tersebut masih banyak mempunyai kendala seperti: mudah pecah, dan cepat menyalurkan panas.
Sejarah perkembangan konputer generasi pertama memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
·         Pada generai ini komputer masih banyak mengeluarkan panas. 
·         Menggunakan komponen elektronikanya yang terbuat dari Tabung Hampa Udara (Vacuum Tube).
·         Program dibuat dalam bahasa mesin (Machine Language), yang programnya tersimpan dalam memori komputer. 
·         Utuk mengoprasikannya pun membutuhkan kekuatan listrik yang cukup besar.
·         Kapasitas yang disediakan untuk penyimpannan data sangat kecil dan terbatas.
·         Programnya masih menggunakan bahasa mesin dengan menggunakan kode 0 dan 1 dalam urutan tertentu.
·         Prosesnya relatif lambat.
·         Mempunyai Ukuran atau bentuk yang sangat besar sehingga diperlukan sebuah ruangan yang yang cukup lebar hanya untuk meletakan komputer ini.
·         Orientasi utama pada aplikasi bisnis.
·         Menggunakan sistem luar magnetic tape dan magnetic disk.

Komputer Generasi kedua
Sejarah perkembangan komputer generasi kedua lahir pada tahun 1960-an, penemuan transistor sanggat mempenggaruhi perkembangan komputer pada saat itu. Transistor dapatb menggantikan Tabung hampa udara. Dan hal tersebut tentunya megubah semua ukuran mesin-mesin elektrik . Transistor mulai digunakan pada komputer sekitar tahun 1956-an. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding dengan komputer generasi pertama.


Perkembangan Komputer Generasi kedua ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
·         Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (high level language), seperti FORTRAN, COBOL, ALGOL.
·         Kapasitas memori utama sudah lumayan besar
·         Sirkutinya adalah transistor.
·         Ukuran fisik komputer lebih kecil dari komputer generasi pertama
·         Tidak membutuhkan terlalu banyak listrik
·         Berorientasi pada bisnis dan teknik 
·         Proses operasi sudah cepat

Sejarah Perkembangan Komputer Generasi ketiga
Komputer generasi ketiga merupakan sebuah perkembangan yang sangat pesat dari perkembangan komputer yang ada. Komputer generasi ketiga muncul sejak era 1965-1971-an. Transistor yang dianggap tidak effisien lagi membuat para ilmuan mencari alternatif lain dan kemudian di temukan pada batu kuarsa ( Quartz rock ). Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. Hal ini merupakan sebuah inovasi yang dapat mendongkrak munculnya komputer generasi ketiga.

Komputer Generasi keempat
Setelah IC ditemukan, perkembangan komputer semakin pesat dan jelas. Pada tahun 1971 chip INTEL 4004 membawa kemajuan besar dalam dunia IC, intel berhasil memasukan semua komponen dalam sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) kedalam sebuah chip tunggal yang sangat kecil, jika sebelumnya IC digunakan untuk mengerjakan pekerjaan  tertentu saja maka pada masa ini mikroprosesor dapat diproduksi dan di program untuk menjalankan seluruh kebutuhan yang diinginkan.
Perkembangan Komputer generasi keempat memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
·         Dikembangkan komputer mikro yang menggunakan micro processor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer.
·         Pada generasi ini komputer sudah memaki Large Scale Integration (LSI)

Komputer Generasi Kelima
Sejarah perkembangan komputer generasi kelima adalah komputer yang kita gunakan sekarang ini dimana pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor ke dalam sebuah microprocesor. Selain itu, juga ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor. Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor di antaranya adalah: Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Di pasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486, dan Pentium. Pentium-4 merupakan produksi terbaru dari Intel Corporation yang diharapkan dapat menutupi segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya, di samping itu, kemampuan dan kecepatan yang dimiliki Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 Ghz. Gambar-gambar yang ditampilkan menjadi lebih halus dan lebih tajam, di samping itu kecepatan memproses, mengirim ataupun menerima gambar juga menjadi semakin cepat.
Sumber: http://komputerhpgadget.blogspot.co.id/2015/07/pengertian-komputer.html

2.      Pengertian Jasa
Secara umum jasa adalah pemberian suatu tindakan atau kinerja yang kasap mata dari satu pihak ke pihak lainnya. Secara bersamaan jasa dikonsumsi pada kedua pihak dimana interaksi pemberi jasa dan yang menerima jasa mempengaruhi hasil jasa tersebut. Pengertian lain menggambarkan jasa adalah kegiatan yang diidentifikasikan yang sifatnya abstrak atau tak terlihat yang direncanakan untuk memenuhi kepuasan pihak tertentu. Berikut adalah ulasan mengenai pengertian jasa menurut para ahli.
Pengertian Jasa Menurut Para Ahli
Ø  Djaslim Saladin
Jasa merupakan kegiatan atau suatu manfaat yang tidak berwujud dan tidak menghasilkan kepemilikan yang ditawarkan oleh suatu pihak kepada pihak lainnya.
Ø  Christian Gronross
Jasa ialah suatu proses yang terdiri dari serangkaian aktivitas intangible yang terjadi antara pelanggan dan pegawai jasa yang disediakan sebagai solusi atas masalah dari pelanggan.
Ø  Norman
Jasa adalah suatu tindakan dan interaksi yang berupa kontak sosial antara produsen dengan konsumen yang lebih dari sekedar hasil suatu yang tidak terhalang.
Ø  Zeithaml dan Bitner
Jasa merupakan aktivitas ekonomi dengan pengeluaran (output) selain produk yang dikonsumsi dan diproduksi pada waktu yang bersamaan yang memberikan nilai plus dan tidak berwujud bagi pembelinya.
Ø  Adrian Payne
Jasa ialah aktivitas ekonomi yang mempunyai nilai atau manfaat intangible yang berkaitan dengannya, melibatkan interaksi dengan konsumen atau dengan barang milik tapi tidak menghasilkan transfer kepunyan atau kepemilikan.

Ø  Philip Kotler
Jasa adalah suatu tindakan yang ditawarkan oleh satu pihak ke pihak lain yang bersifat abstrak atau tak berwujud dan tidak menyebabkan perpindahan kepemilikan.
https://www.seputarpengetahuan.com/2015/08/6-pengertian-jasa-menurut-para-ahli-terlengkap.html

3.      Pengertian Service
Service merupakan satu hal yang sangat penting dalam dunia bisnis karena service merupakan salah satu bentuk penghargaan kepada pelanggan. Service juga menjadi salah satu pertimbangan seseorang untuk memutuskan membeli produk atau menggunakan jasa dari sebua perusahaan. Service yang buruk bisa membuat pelanggan lari dan beralih ke perusahaan pesaing. Mengingat begitu pentingnya service bagi kelangsungan usaha kita, sudah selayaknya bila kita selalu menjaga service kita kepada pelanggan.
Berikut ini adalah pengertian dan definisi service:
AHMAN SUTARDI & ENDANG BUDIASIH
Service adalah setiap kegiatan yang diperuntukkan atau ditujukan untuk memberikan kepuasan melalui pelayanan yang diberikan seseorang secara memuaskan

HERMAWAN KERTAJAYA
Service merupakan sebuah paradigma dari orang - orang dalam sebuah perusahaan, tidak peduli apakah sebuah perusahaan yang menhasilkan product atau service untuk selalu memberikan best value pada pelanggannya
Service adalah "value enhancer" produk dan perusahaan anda
Service merupakan sebuah rangkaian proses, dan sebagai proses ia berkaitan dengan input - output.


LOVELOCK & WIRTZ, 2004
Meskipun service sering kali memasukkan komponen tangibles yang penting, komponen ini bersama - sama dengan personel yang ahli menjadi kombinasi yang dominan dalam rangkaian value creation untuk penciptaan kinerja jasa

MOHD ROZANI PAWAN CHEK
Service adalah merupakan gabungan dari selling (menjual), emphasis (menenkankan), return (timbal balik), Visit (mengunjungi), Increase (menambah atau meningkatkan), commitment (mengikatkan diri), dan earn (penghasilan)

LAURENSIUS MANURUNG
Service merupakan aktivitas perusahaan dalam memberikan layanan pelanggan meliputi penanganan pelanggan dan keluhan pelanggan

HOLY ICUN Y & MARTINUS GETTY
Service merupakan komponen tambahan seperti garansi jasa, garansi spare part, asuransi, dll

IMELDA SAPUTRA
Service adalah salah satu nilai tambah yang perlu kita miliki jika kita ingin tetap eksis di tengah - tengah persaingan yang semakin ketat seperti sekarang ini.
Sumber :
https://carapedia.com/pengertian_definisi_service_info2099.html

4.      Marekting
Menurut Musrid, pemasaran adalah semua kegiatan usaha yang berkaitan dengan arus penyerahan barang-barang, jasa-jasa dari produsen ke konsumen. Dengan demikian, pemasaran adalah hal terpenting dalam melakukan kegiatan usaha demi tercapainya suatu tujuan. Jadi sebelum melakukan kegiatan pemasaran hal yang perlu di perhatikan adalah tempat pemasaran produk dan siapa target dari pemsaran tersebut.
Sehubungan dengan produk yang saya buat yaitu “Peyek Rebon”, maka tempat pemsaran yang tepat untuk produk yang diproduksi adalah daerah sekitar tempat tinggal.
Tempat Pemasaran / lokasi pemsaran yang diinginkan oleh perusaan:
·         Letak wilayahnya yang strategis
·         Mudah dijangkau oleh konsumen
·         Bahan-bahan yang didapat mudah dicari
·         Biaya transportasi murah
·         Tenaga kerja mudah didapat
·         Sarana angkutan mudah dan banyak
Target pemasaran merupakan suatu motivasi bagi perusahaan untuk mempermudah sarana / tempat yang luas. Target pemsaran kan dilakukan apabila kepala perusahaan dengan ditetapkan segmentasi pasar dan target pemsaran, perusahaan tersebut dapat mengembangkan produknya disetiap sasaran pasar. Target pemasaran sangat berperan penting bagi usahanya.
http://prastowoadil.blogspot.co.id/2014/03/contoh-marekting-usaha.html

5.      Memahami 9 Aspek Penting Sebelum Memulai Usaha
Memulai bisnis bagi kebanyakan orang bukanlah hal yang mudah. Hal yang klasik, banyak pertimbangan di sana sini sehingga tak jarang membuat orang urung memulai bisnis. Semestinya memulai bisnis tidak menjadi salah satu sumber ketakutan bagi setiap orang. Untuk menghilangkan ketakutan dalam memulai bisnis, seseorang bisa membuat persiapan bisnis yang matang sehingga dapat menjalaninya dengan optimistis. Salah satu seminar Gerald Abraham salah seorang penasehat bisnis pada sebuah firma hukum, juga pemilik dan direktur sebuah konsultan keuangan di tahun 2006, berisi tentang menjadi sukses dengan memahami 9 aspek penting sebelum memulai usaha.
Ø  Memahami konsep produk atau jasa secara baik
Ø  Membuat visi dan misi bisnis
Ø  Perlunya winning, positive dan learning attitude untuk menjadi sukses
Ø  Membuat perencanaan dan strategi bisnis yang efektif akan menghindari usaha daripada risiko bisnis dan keuangan.
Ø  Pengetahuan dasar manajemen, organisasi dan sistem akan menghindari usaha daripada risiko manajemen.
Ø  Optimalisasi sumber daya manusia maka 50% usaha Anda sudah berhasil.
Ø  Mengapa kreativitas, kepemimpinan dan proses pembuatan keputusan sangat penting?
Ø  Pengetahuan dasar pengelolaan keuangan dan pembiayaan
Ø  Pemasaran, pelayanan dan product brand

http://pengusahamuslim.com/208-memahami-9-aspek-penting-sebelum-memulai-usaha.html

b.      Modal, Pendapatan dan Laba
1.      Modal Usah
Uang pribadi : Rp. 500.000 ,-
Tools (Alat perlengkapan) 
Compact Disc Read-only : 15 Keping
Linux, Windows XP, 7, 8
Microsoft Office 2003
Microsoft Office 2007
All Software (lengkap)
 DVD R : 10 Keping


2.      Deskripsi  Harga
Penentuan harga produk jasa perusahaan sebagai berikut:
Jasa Servis Komputer
Komponen per unit
1
Tenaga Kerja
35.000
2
Transportasi
10.000
3
Biaya Lain-lain
5.000
Jumlah Harga Per Unit
50.000
-          Servis (Repair) Komputer             = Rp35.000,-
-          Servis Panggilan                            = Rp50.000,-

Cek Komputer
Komponen per unit
1
Tenaga Kerja
10.000
2
Transportasi
10.000
3
Biaya Lain-lain
5.000
Jumlah Harga Per Unit
25.000
-          Cek Bulanan Komputer (panggilan) = Rp30.000,-
-          Cek kondisi (non panggilan)         = Rp10.000,-  

Install Program
Komponen per unit
1
Tenaga Kerja
10.000
2
Transportasi
10.000
3
Biaya Lain-lain
5.000
Jumlah Harga Per Unit
25.000
-          Install Program (panggilan)           = Rp30.000,-
-          Install Program (non panggilan)    = Rp20.000,-  
-          Paket program = Sistem Operasi, Aplikasi Kantor, Audio Video, Olah gambar sederhana
Penambahan program di luar paket = Rp5.000 tiap program

3.      Perkiraan keuntungan dari jasa servis komputer ;
Modal                                                              = Rp. 500.000 ,00
rata- rata pendapatan 1 hari                            = Rp. 45.000 ,00
1 bulan            = 45.000 x 30                          = Rp. 1.350.000 ,00
laba bersih       = 1.350.000 – 500.000            = Rp. 850.000 ,00/bln

c.       Teknik-teknik Usaha
1.      Proses Produksi
Untuk mendukung proses produksi dan pelayanan pada usaha ini kami memilki beberapa tenaga kerja. Sesuai dengan jenis usaha yang dijalankan, tenaga kerja yang ada merupakan orang-orang yang memiliki latar belakang pendidikan computer baik itu yang secara langsung menangani masalah servis ataupun yang menjadi mediator dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berasal dari konsumen yang masuk lewat media internet. Untuk masalah barang-barang yang dijual kami secara langsung memesan dari produsen atau agen resmi.

2.      Peluang Pasar
Peluang pasar yang dimiliki usaha jasa servis dan penjualan perlengkapan komputer ini sangat menjajikan. Tingkat kebutuhan masyarakat terutama masyarakat perkotaan akan komputer dan hal-hal lain yang terkait dengannya terlihat menggalami peningkatan yang cukup signifikan. Salah satu indikator meningkatnya kebutuhan masyarakat akan komputer adalah semakin genjarnya perusahaan-perusaan computer yang saling berupaya untuk menghadirkan sebuah terobosan teknologi computer terbaru yang bisa menampung dan menunjang segala kegiatan kehidupan dengan disesuaikan dengan perkembangan zaman yang ada. Dengan semakin banyaknya computer yang terjual di masyarakat maka keperluan perawatan dan servis pasti akan sangat diperlukan, latar belakang pendidkan yang berbeda membuat tidak semua masyarakat bisa untuk memberikan servis yang baik kepada computer yang dimilikinya. Peluang inilah yang nanti bisa kita manfaatkan untuk menghasilkan sebuah usaha yang dapat memberikan keuntungan yang banyak.

3.      Segmentasi Pasar
Sasaran usaha jasa servis dan penjualan perlengkapan komputer ini pada dasarnya tidak dibedakan karena yang terpenting adalah orang tersebut memilki komputer yang menggalami kerusakan. Terlepas dari pandangan segmentasi pasar secara umum tersebut kita juga dapat menggelompokan sasaran usaha ini secara khusus. Penggelompokan secara khusus ini didasarkan pada objek yang paling banyak menggunakan komputer. Dalam penggelompokan ini para pegawai kantor dan mahasiwa merupakan sasaran dari segmentasi pasar ini.

4.      Media Promosi Yang Digunakan
Promosi dilakukan dengan cara online dan offline yang ini dimaksudkan agar penyampaian promosi ke masyarakat dapat lebih cepat diserap. Pelaksanaan promosi direncanakan akan dilakukan selama empat bulan. Berikut adalah media promosi yang digunakan :
Ø  Internet
Memasang iklan lewat internet seperti lewat facebook atau website blogspot atau wordpres.
Ø  Penyebaran brosur.
Dilakukan sebagai upaya promosi penunjang dari promosi-promosi yang sudah ada. Penyebaran brosur dilakukan di kantor dan universitas yang tersebar dikota malang.


C.    Kesimpulan
Demikian proposal ini saya buat, besar kiranya harapan kami agar kedepanya usaha ini dapat benar-benar dibangun karena melihat peluang usaha yang sangat menjanjikan. Dengan adanya proposal ini kami berharap dapat menjadi referensi untuk pembuatan proposal kedepannya. Dan apabila ada kata – kata yang salah dalam penulisan mohon kiranya pembaca dapat memberikan masukkan.

No comments:

Post a Comment