Thursday 8 February 2018

Pidato Menuntut Ilmu ( Tholabul 'ilmi )

Pidato Menuntut Ilmu ( Tholabul 'ilmi )

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

الْحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَى أُمُوْرِ الدُّنْيَا وَالدِّيْنِ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ العنبيا الْمُرْسَلِيْنَ سَيِّدنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ أَمَّا بَعْدُ
   
 Dewan juri yang saya hormati, Rekan-rekan peserta lomba yang saya cintai, Serta teman-temanku yang saya banggakan.
    Pertama-tama Marilah kita sampaikan puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah kepada kita, Sehingga kita dapat berkumpul di acara lomba pidato dalam rangka bulan bahasa.
Dewan juri dan Teman-temanku yang berbahagia. Pada kesempatan ini  saya akan menyampaikan pidato saya yang berjudul “Kewajiban menuntut ilmu”.

Teman-temanku yang berbahagia. Menuntut ilmu adalah kewajiban setiap orang, dimana setiap orang itu harus wajib menuntut ilmu. Baik laki-laki maupun perempuan. Baik kecil maupun dewasa. Baik muslim maupun muslimah.
Rasulullah SAW bersabda :
طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ
Artinya :
“Mencari ilmu itu wajib bagi setiap orang muslim dan muslimat”.
    Hadirin yang berbahagia. Sejak kapankah kita menuntut ilmu?
Dalam ajaran islam, orang dituntut untuk mencari ilmu sejak dalam buaian hingga masuk liang lahad.

Rasulullah SAW bersabda:
طْلُبُ الْعِلْمَ مِنَ الْمَحْدِ إِلَى اللَّهْدِ
Artinya :
    Carilah ilmu sejak dalam buaian hinga masuk ke liang lahad.
    Rekan-rekanku yang berbahagia. Menuntut ilmu sejak kecil itu bagaikan mengukir diatas batu. Artinya kita tidak mudah lupa untuk menuntut ilmu. Jika kita menuntut ilmu disaat tua, bagaikan mengukir diatas air. Artinya mudah lupa.
    Hadirin yang berbahagia. Kita harus mencari ilmu itu jangan satu bidang ilmu misalnya ilmu agama dan ilmu pengetahan saja, karena jika hanya menuntut satu bidang ilmu saja, maka kehidupan ini akan tidak seimbang. Ilmu agama dan ilmu pengetahuan itu memiliki hubungan yang sangat erat. Dan tidak mudah dipisahkan keduanya saling melengkapi.
“Without tecnology, life will be blind and without science, life will be lame”.
 Artinya : “hidup akan menjadi buta jika tanpa ilmu agama dan tanpa ilmu pengetahuan umum hidup akan menjadi pincang.”
    Hadirin yang berbahagia. Kita sebagaimana masih muda, kita harus mencari ilmu setinggi mungkin karena ilu it berguna di dunia dan di akhirat
    Hadirin yang saya hormati. Itulah pidato dari saya yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf apabia ada tutur kata yang kurang berkenan dihati anda, wabillahitaufiq wal hidayah.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

No comments:

Post a Comment