Sunday 31 May 2020

BEBERAPA HAL UNTUK MELINDUNGI DBMS


TUGAS MATRIKULASI
  
Perancangan dan Analisis Algoritma
 
 
 
 
                                                                                                 


 
 
 
 
 
 
Tugas ini disusun oleh :  
  
Budi Raharjo
NIM : 1911601266


  
  
 
PROGRAM PASCASARJANA TEKNOLOGI INFORMASI
PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU KOMPUTER  
UNIVERSITAS BUDI LUHUR 
JAKARTA 
2020 



BEBERAPA HAL UNTUK MELINDUNGI DBMS


·         Administrative Security
Secara administratif untuk menjaga kemungkinan gangguan keamanan data yang datangnya dari “orang dalam” atau kerja sama orang dalam dengan orang luar.
·         Network Security
Setiap proses instalasi software baru dari pengguna jaringan harus di-dokumen-tasikan, demikian pula setiap operasi dan akses perlu dicatat (logbook), sehingga bila timbul hal hal yang tidak di-inginkan, administrator jaringan bisa melakukan pelacakan. 
·         Anti Virus
Anti virus untuk mencegah meluasnya infeksi virus dan untuk memperbaiki file-file yang telah ter-infeksi.
·         Firewall
Besar untuk mencegah menjalarnya api dari satu bagian gedung ke bagian lainnya. Firewall pada jaringan komputer adalah perangkat lunak yang dipasang pada komputer server sehingga dapat melindungi jaringan dari serangan yang datangnya dari luar.
·         Proxy Server
Proxy server melaksanakan beberapa proses aplikasi yang telah ditetapkan lebih dulu, misalnya melayani akses dari terminal ke suatu situs web, atau berfungsi sebagai “transfer agent” terhadap berbagai aplikasi yang memiliki akses keluar atau akses dari luar ke dalam jaringan.
·         Enkripsi-Dekripsi
Data yang dikirim melalui jaringan tidak jarang disadap oleh orang lain untuk kepentingan tertentu, sehingga timbul usaha untuk melakukan pengkodean terhadap data sebelum dikirim melalui jaringan agar tidak bisa dibaca oleh penyadap. Pengubahan data asli menjadi kode rahasia disebut proses data encryption atau enkripsi data. Setelah data rahasia sampai ke tujuan maka data ini dikembalikan ke bentuk aslinya, proses ini disebut data decryption. Ilmu matematik yang mendasari teknik enkripsi dan dekripsi disebut kriptologi sedangkan teknik dan sains dari proses enkripsi-dekripsi disebut kriptografi.


LANGKAH-LANGKAH MELINDUNGI DBMS

Studikasus menggunakan enkripsi data pada sebuat data di dalam MySql, saya menggunakan MD5 untuk mengamankan password, langkah yang saya sajikan mulai dari pembuatan tabel, anggap saja saya sudah membuat sebuah database, untuk lengkapnya yaitu sebagai berikut :

Pertama buat tabel

CREATE TABLE user (
 id INT(1) PRIMARY KEY,
 nama VARCHAR(15),
 password TEXT);

kemudian lakukan input data

INSERT INTO user VALUES (
 1, 'admin', MD5('admin')
 );


Jadi input yang dihasilkan yaitu sebagai berikut
no        nama                password
1          admin              21232f297a57a5a743894a0e4a801fc3

No comments:

Post a Comment