MAKALAH
MANAJEMEN PEMASARAN
Dosen
pengampu : Jamalus, Drs,MM
Disusun
Oleh
Nama :
Enong Lia
Nim :
1806010023
Kelas : 4 H
Matakul :
Manajemen Pemasaran
FAKULTAS
EKONOMI DAN BISNIS JURUSAN
MANAJEMEN
UNIVERITAS ISALM SYEH YUSUF
2019
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah,
puji syukur ke hadirat Allah SWT karena atas taufik dan rahmatNya kami dapat
menyelesaikan makalah ini. Shalawat serta salam senantiasa kita sanjungkan
kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW, dosen, keluarga, sahabat, serta semua umatnya hingga
kini. Dan semoga kita termasuk dari golongan yang kelak mendapatkan syafaatnya.
Dalam
kesempatan ini, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang
telah berkenan membantu pada tahap penyusunan hingga selesainya makalah ini.
Harapan kami semoga makalah yang telah tersusun ini dapat bermanfaat sebagai
salah satu rujukan maupun pedoman bagi para pembaca, menambah wawasan serta
pengalaman, sehingga nantinya saya dapat memperbaiki bentuk ataupun isi makalah
ini menjadi lebih baik lagi.
Kami sadar
bahwa kami ini tentunya tidak lepas dari banyaknya kekurangan, baik dari aspek
kualitas maupun kuantitas dari bahan penelitian yang dipaparkan. Semua ini
murni didasari oleh keterbatasan yang dimiliki kami. Oleh sebab itu, kami
membutuhkan kritik dan saran kepada segenap pembaca yang bersifat membangun
untuk lebih meningkatkan kualitas di kemudian hari.
Pandeglang,
Mei 2020
Penyusun
i DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
..................................................................................
1
1.1 LATAR BELAKANG
..................................................................... 1
1.2 RUMUSAN MASALAH
................................................................. 2
1.3 TUJUAN PENULISAN
................................................................... 2
1.4 MANFAAT
PENULISAN............................................................... 2
BAB II PEMBAHASAN
...................................................................................
3
2.1 PENGERTIAN MANAJEMEN PEMASARAN
............................. 3
2.2 TUJUAN MANAJEMEN PEMASARAN
....................................... 4
2.3 FUNGSI MANAJEMEN PEMASARAN
........................................ 5
2.4 KONSEP PEMASARAN
................................................................. 5
2.5 KEGIATAN MANAJEMEN PEMASARAN
.................................. 7
BAB III PENUTUP
...........................................................................................
10
3.1 KESIMPULAN
.................................................................................
10
3.2 SARAN
.............................................................................................
11
DAFTAR PUSTAKA
........................................................................................
12
ii
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
LATAR BELAKANG
Di dalam dunia usaha salah satu kegiatan yang harus dilakukan yaitu
pemasaran. Ketika berbicara tentang pemasaran pasti membutuhkan manajemen agar
kegiatan pemasaran bisa berjalan dengan lancar dan tepat sasaran. Manajemen
merupakan suatu proses mengelola atau mengatur suatu kegiatan untuk mencapai
tujuan tertentu melalui sekelompok orang yang dapat mendatangkan hasil.
Manajemen pemasaran termasuk upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup
perusahaan karena berhubungan langsung dengan konsumen sebagai pemakai produk.
Maka manajemen pemasaran dapat diartikan sebagai kegiatan dari perusahaan yang
sangat erat kaitannya dengan situasi pasar.
Dalam era persaingan yang semakin ketat pelaku usaha harus pandai dalam
memilih strategi pemasaran yang digunakan. Menawarkan produk-produk yang
dibutuhkan konsumen dengan kualitas yang lebih baik dari produk lain dan
berbeda akan menjadi poin penting dalam meningkatan kepuasan konsumen atas
penggunaan produk. Sehingga konsumen mau dan rela kembali menikmati apa yang ditawarkan
oleh perusahaan dan menjadi pelanggan setia bagi perusahaan. Untuk itu sebagai
manajer pemasaran harus bisa mengikuti perkembangan zaman agar produk bisa
diterima konsumen sesuai dengan masanya.
Pemasaran bukan kegiatan yang mudah dilakukan oleh setiap orang. Butuh
perencanaan dalam kegiatan tersebut agar bisa sesuai dengan harapan. Banyaknya
pesaing di dalam dunia usaha dapat dijadikan salah satu penghambat dalam
menawarkan produk kepada konsumen, jika salah memilih strategi dan tidak
dijalankan dengan sesuai perencanaan maka untuk mendapatkan kepuasaan dari
konsumen akan sangat mustahil. Sehingga keinginan memperoleh keuntungan yang
maksimal akan sulit didapatkan. Keberlangsungan hidup perusahaan pun akan
terancam akibat dari salah memilih strategi pemasaran yang digunakan.
Berdasarkan pemaparan di atas
maka penulis akan membuat makalah yang berjudul “
Manajemen Pemasaran”.
1.2
RUMUSAN MASALAH
Masalah yang ada dapat
dirumuskan menjadi beberapa rumusan masalah, sebagai berikut
:
1.
Apa pengertian manajemen pemasaran ?
2.
Bagaimana tujuan dari manajemen pemasaran ?
3.
Bagaimana fungsi manajemen pemasaran ?
4.
Bagaimana konsep dari pemasaran ?
5.
Bagaimana kegiatan manajemen pemasaran ?
1.3
TUJUAN PENULISAN
Penulisan ini bertujuan untuk melengkapi salah satu tugas mata kuliah
Manajemen Badan Usaha dan Koperasi.
1.4
MANFAAT PENULISAN
Penulisan ini bermanfaat bagi diri sendiri agar menambah wawasan tentang
manajemen pemasaran, serta bagi pembaca yang ingin mengetahui dan memahami
tentang manajemen pemasaran baik pengertian, tujuan, fungsi, konsep maupun
kegiatan manajemen pemasaran.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
PENGERTIAN MANAJEMEN PEMASARAN
Pemasaran merupakan salah satu dari kegiatan-kegiatan pokok yang
dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk
berkembang, dan mendapatkan laba. Arti pemasaran sering disamakan dengan
pengertian-pengertian: (1) penjualan, (2) perdagangan, dan (3) distribusi.
Padahal istilah-istilah tersebut hanya merupakan satu bagian dari kegiatan
pemasaran secara keseluruhan. Proses pemasaran dimulai jauh sebelum
barang-barang diproduksi dan tidak berakhir dengan penjualan.
Defenisi pemasaran menurut William J. Stanton, yaitu suatu sistem
keseluruhan dari kegiatan-kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan,
menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat
memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
Dari defenisi di atas dapat dijelaskan bahwa arti pemasaran adalah jauh
lebih luas daripada arti penjualan. Pemasaran mencakup usaha perusahaan yang
dimulai dengan mengidentifikasi kebutuhan konsumen yang perlu dipuaskan,
menentukan produk yang hendak diproduksi, menentukan harga produk yang sesuai,
menentukan cara-cara promosi dan penyaluran/penjualan produk tersebut. Jadi,
kegiatan pemasaran adalah kegiatan-kegiatan yang saling berhubungan sebagai
suatu sistem.
Kegiatan-kegiatan tersebut beroperasi di dalam suatu lingkungan yang
terus menerus berkembang sebagai konsekuensi sosial dari perusahaan, tetapi
juga dibatasi oleh sumbersumber dari perusahaan itu sendiri dan
peraturan-peraturan yang ada. Bagi pemasaran, perubahan lingkungan dapat berupa
suatu peluang atau kesempatan mengembangkan usahanya.
Sehubungan dengan itu tugas manajer pemasaran adalah memilih dan
melaksanakan kegiatan pemasaran yang dapat membantu dalam pencapaian tujuan
perusahaan serta dalam menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan. Kegiatan
pemasaran ini haruslah dikoordinasikan dan dikelola dengan cara yang baik, maka
dikenal dengan istilah manajemen pemasaran. Secara umum, manajemen pemasaran
adalah proses merencanakan, penganalisaan, pelaksanaan, dan pengawasan atau
mengendalikan kegiatan pemasaran dalam suatu perusahaan supaya dapat
tercapainya target atau tujuan perusahaan secara lebih efisien dan efektif.
Beberapa pengertian manajemen
pemasaran menurut para ahli
a.
Philip Kotler/Armstrong (2002:14)
Manajemen pemasaran adalah analisis, perencanaan, pelaksanaan dan
pengendalian atas program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan
mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran dengan
maksud untuk mencapai sasaran organisasi.
b.
P.H. Nystrom
Pemasaran meliputi segala kegiatan mengenai penyaluran barang atau jasa
dari tangan produsen ke tangan konsumen.
c.
American Marketing Association
Pemasaran adalah pelaksanaan kegiatan usaha niaga yang diarahkan pada
arus aliran barang dan jasa dari produsen ke konsumen.
Dari beberapa pengertian para ahli dapat disimpulkan bahwa manajemen
pemasaran merupakan suatu kegiatan yang menawarkan produk kepada konsumen
dengan mempertimbangkan perencanaan, penganalisaan, pelaksanaan dan pengawasan
sehingga dapat mendatangkan hasil berupa laba sesuai dengan yang diharapkan.
2.2 TUJUAN MANAJEMEN PEMASARAN
Dalam manajemen pemasaran tentu harus memiliki tujuan, karena tujuan
merupakan langkah awal untuk melaksanakan suatu kegiatan. Tujuan pemasaran adalah
mengenal dan memahami pelanggan sedemikian rupa agar produk yang dijual akan
cocok sesuai dengan keinginan pelanggan, akibatnya produk tersebut dapat
terjual dengan sendirinya. Beberapa
tujuan utama dari manajemen pemasaran, sebagai berikut:
1.
Jangka pendek
Tujuan jangka pendek bagi perusahaan adalah untung secepat mungkin.
Artinya dapat menutup semua biaya-biaya produksi yang digunakan dan jika ada
kelebihan maka dikatakan laba.
2.
Jangka menengah
Tujuan jangka menengah adalah mengusahakan mencapai titik impas antara
total biaya produksi dan total volume penjualan, memperluas cakupan promosi,
dan berusaha lebih memperbesar cakupan volume penjualan.
3.
Jangka panjang
Untuk jangka panjang perusahaan mempertahankan para pelanggan setia agar
tetap loyal dengan produknya, antara lain dengan produk inovatif, kreatif dan
berdaya guna lebih serta memberikan potongan harga khusus bagi pelanggan.
Selain menetapkan tujuan pemasaran, pemilihan strategi sasaran pemasaran
juga menentukan berhasil atau tidaknya tujuan tersebut. Berbagai ciri khusus
penjual, produk atau pasar akan memberi batas pada pilihan terhadap strategi
sasaran pemasaran :
a.
Sumber-sumber perusahaan
b.
Keserbasamaan produk(homogenitas produk)
c.
Tingkat produksi dalam hidup
d.
Keserbasamaan pasaran (homogenitas)
e.
Siasat pemasaran
v
STRATEGI PEMASARAN
Strategi pemasaran dapat dinyatakan sebagai dasar tindakan yang
mengarahkan kegiatan atau usaha pemasaran dalam suatu perusahaan, dalam kondisi
persaingan dan lingkungan yang selalu berubah, agar dapat mencapai tujuan yang
diharapkan. Strategi pemasaran merupakan
bagian dari perencanaan pemasaran, yang merupakan tahap kelima dari proses
pemasaran.
Proses Pemasaran
2.3 FUNGSI MANAJEMEN PEMASARAN
Fungsi pemasaran adalah
menjembatani interaksi antara perusahaan dengan pelanggan. Peranan lainnya
adalah memfasilitasi proses identifikasi peluang produk, pendefinisian segmen
pasar dan identifikasi kebutuhan pelanggan. Bagian pemasaran juga secara khusus
merancang komunikasi antara perusahaan dengan pelanggan, menetapkan target
harga dan merancang peluncuran serta promosi produk.
Fungsi utama mengapa kegiatan pemasaran dilakukan :
1.
Untuk memberikan informasi tentang produk yang dijual
perusahaan
2.
Untuk mempengaruhi keputusan membeli konsumen
3.
Untuk menciptakan nilai ekonomis suatu barang.
2.4 KONSEP PEMASARAN
Perusahaan yang sudah
mulai mengenal bahwa pemasaran merupakan faktor penting untuk mencapai sukses
usahanya, akan mengetahui adanya cara dan falsafah baru yang terlibat di
dalamnya. Cara dan falsafah baru ini disebut konsep pemasaran (marketing concept).
Sebagai falsafah bisnis, konsep
pemasaran bertujuan memberikan kepuasan terhadap keinginan dan kebutuhan
konsumen atau berorientasi pada konsumen (consumer oriented).
Adapun beberapa pengertian dari beberapa tokoh tentang konsep pemasaran.
Menurut Swastha (1979:17) “Konsep pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang
menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan
sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan.” Sedangkan definisi lain menyatakan
bahwa konsep pemasaran adalah menjadi lebih efektif dari para pesaing dalam
memadukan kegiatan pemasaran guna menetapkan dan memuaskan kebutuhan dan
keinginan pasar sasaran (Kotler,1997:17). Ada lima konsep pemasaran yang
mendasari cara perusahaan melakukan kegiatan pemasarannya yaitu:
1.
Konsep berwawasan Produksi
Konsep ini berpendapat bahwa konsumen akan memilih produk yang mudah
didapat dan murah harganya sehingga fokus utamanya adalah meningkatkan
efisiensi produksi dan memperluas cakupan distribusi.
2.
Konsep berwawasan Produk
Konsep ini berpendapat bahwa konsumen akan memilih produk yang menawarkan
mutu, kinerja terbaik dan hal-hal inovatif lainnya sehingga fokus utamanya
adalah membuat produk yang lebih baik dan berusaha terus menerus untuk
menyempurnakannya.
3.
Konsep berwawasan Penjualan
Konsep ini berpendapat bahwa kalau konsumen dibiarkan saja maka konsumen
tidak akan membeli produk perusahaan dalam jumlah cukup. Oleh karena itu,
perusahaan harus melakukan usaha penjualan dan promosi yang agresif.
4.
Konsep berwawasan Pemasaran
Konsep ini berpendapat bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi
terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan
kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan efisien dari para pesaingnya.
Konsep ini didasarkan pada empat sendi utama, yaitu pasar sasaran, kebutuhan
pelanggan, pemasaran yang terkoordinasi, serta keuntungan.
5.
Konsep berwawasan Pemasaran bermasyarakat
Konsep
ini berpendapat bahwa tugas perusahaan adalah menentukan kebutuhan dan einginan
serta kepentingan pasar sasaran dan memenuhinya dengan lebih efektif dan
efisiensi dari pada saingannya dengan cara mempertahankan atau meningkatkan
kesejahteraan konsumen dan masyarakat.
2.5 KEGIATAN MANAJEMEN PEMASARAN
Dalam manajemen pemasaran yang maju, maka kegiatan pemasaran suatu
perusahaan didefinisikan sebagai berikut : Manajemen pemasaran adalah suatu
bagian kegiatan dari perusahaan yang sangat erat berhubungan dengan situasi
pasar. Kegiatan itu terdiri dari :
1.
Mengetahui kebutuhan dan minat khusus pasar
2.
Menciptakan dan menjamin adanya produk yang memenuhi
kebutuhan pasar
3.
Menciptakan dan memelihara pasar dari produk.
Kegiatan tersebut direncanakan,
diorganisir dan dikendalikan untuk memenuhi kehendak konsumen, pemilik,
penyalur dan semua pihak yang berkepentingan atas kegiatan perusahaan tersebut.
Kegiatan pemasaran
tersebut dapat diperinci sebagai kegiatan-kegiatan : a. Riset pasar
b.
Manajemen produksi
c.
Penetapan harga
d.
Promosi
e.
Penjualan
f.
Distribusi
Selain itu terdapat kegiatan
utama pemasaran yang dikelompokkan menjadi 4 bagian besar, dan dikenal sebagai
4P, yaitu :
1. Product
(produk) : yang menyangkut pemilihan barang atau jasa yang ditawarkan secara
tepat.
2. Price
(harga) : menyangkut penetapan harga jual barang yang sesuai dengan kualitas
barang dan dapat dijangkau oleh konsumen.
3. Place
(tempat) : menyangkut pemilihan cara pendistribusian barang dan jasa sehingga
sampai ke tangan konsumen.
4. Promotion
(promosi) ; menyangkut pemilihan kebijaksanaan promosi yang tepat, sesuai
dengan barang atau jasa yang ditawarkan.
PERINCIAN 4P
Product (Produk)
|
Place (Sistem distribusi)
|
Promotion (Kegiatan
promosi)
|
Price (Harga)
|
Kualitas
Features dan
style
Merk dan
kemasan
Product line
Tingkat pelayanan
|
Saluran distribusi
Jangkauan
distribusi
Lokasi penjualan
Pengangkutan
Persediaan
Penggudangan
|
Periklanan
Personal seling
Promosi
penjualan
Publisitas
|
Tingkat harga
Potongan harga
Waktu
pembayaran
Syarat
pembayaran
Cadangan
|
a
Kegiatan pemasaran tersebut, yang
dikelompokkan menjadi 4P merupakan marketing mix. Marketing mix adalah kerangka
dari suatu keputusan pemasaran yang variabel (marketing decision variables)
dalam setiap perusahaan di dalam waktu atau sampai batas waktu tertentu/khusus.
Adapula yang mengatakan bahwa marketing mix adalah faktor-faktor yang dikuasai,
digunakan dan dikendalikan oleh seorang marketing manager (controllable
factors) untuk mempengaruhi jumlah permintaan.
Kedua pendapat di atas pada prinsipnya sama, di mana tujuan akhirnya
(ultimate goalnya), yakni bagaimana usaha-usaha yang dilakukan oleh seorang
marketing manager untuk mempengaruhi jumlah permintaan dan meningkatkan omzet
penjualan agar usahanya bisa sukses.
Dalam menuju kesuksesaan
itu, dua kelompok rencana pemasaran perlu di perhatikan
:
1.
Presentasinya (persembahannya)
Yang termasuk dalam kelompok ini adalah produk itu sendiri, pembungkus
(packaging), merk (brand), harga (price) dan jasa-jasa (services).
2.
Metode dan mekanismenya
Yang termasuk dalam hal ini ialah saluran distribusi (channel of
distribution), personal selling, periklanan (advertising), promosi (sales
promotion) daan publisitas (publicity).
Sukses
atau tidaknya penjualan suatu barang tergantung kepada tepat tidaknya
kebijaksanaan (policy) dari manajer penjualan
Secara
dragmatis manajemen yang maju dapat digambarkan sebagai berikut :
Gambar tersebut menjelaskan bahwa jika suatu perusahaan ingin
keberhasilan baik dalam mendapatkan laba, berkembang maupun bertahan dalam
dunia usaha. Maka perusahaan harus merumuskan kombinasi 4P dari marketing mix
yang berbeda pula, baik untuk menyesuaikan program pemasarannya dengan perilaku
konsumen maupun dalam mempengaruhi perilaku konsumen itu sendiri.
Sebagai contoh : perilaku konsumen yang telah dipengaruhi kebudayaan yang
maju, tingkat pendidikan, pendapatan yang meningkat dan bertambahnya macam
produk akibat perkembangan teknologi menyebabkan konsumen mulai membandingkan
harga dan mutu produk, meminta pengepakan yang lebih baik dan menarik,
mengharapkan pelayanan yang baik, lebih peka terhadap informasi dan periklanan,
lebih sering mengadakan hubungan sosial dan sebagainya. Ini semua memerlukan marketing
mix yang berbeda dengan apabila perilaku itu ditunjukkan oleh konsumen yang
mempunyai pendapatan rendah, hidup di desa, masih buta huruf dan hidup dalam
kebudayaan tertutup.
BAB III
PENUTUP
3.1
KESIMPULAN
Pemasaran merupakan salah satu kegiatan penting yang harus dilakukan oleh
suatu perusahaan untuk mengenalkan maupun menawarkan produknya kepada konsumen.
Tujuan dari pemasaran yaitu dalam jangka pendek untuk mendapatkan laba, jangka
menengah mendapatkan titik impas antara biaya produksi dengan volume penjualan
sedangkan untuk jangka panjang mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan
melalui loyalitas konsumen dalam penggunaan produk yang dihasilkan. Agar tujuan
dapat tercapai secara penuh ataupun mendekati dengan yang sudah ditentukan,
maka diperlukan pemilihan strategi pemasaran yang tepat untuk menunjang
berhasilnya tujuan tersebut.
Manajemen pemasaran berfungsi untuk memberikan informasi produk kepada
konsumen, mempengaruhi keputusan yang akan diambil konsumen serta menciptakan
nilai ekonomis suatu produk. Pelaku usaha yang sudah mulai mengetahui
pentingnya pemasaran akan mengenal adanya konsep pemasaran yang bertujuan untuk
memberikan kepuasan terhadap apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh konsumen.
Ada 5 konsep pemasaran diantaranya : konsep berwawasan produksi, konsep
berwawasan produk, konsep berwawasan penjualan, konsep berwawasan pemasaran,
dan konsep berwawasan pemasaran bermasyarakat.
Adapun kegiatan pemasaran yang dapat dirinci sebagai kegiatan-kegiatan:
riset pasar, manajemen produksi, penetapan harga, promosi, penjualan dan
distribusi. Selain kegiatan tersebut terdapat kegiatan utama pemasaran yang
dikelompokkan menjadi 4P atau dikenal dengan istilah Marketing Mix, terdiri
dari Product, Place, Promotion dan Price. Dimana tujuan akhir dari kegiatan
tersebut yakni bagaimana usaha-usaha yang dilakukan oleh seorang marketing
manager untuk mempengaruhi jumlah permintaan dan meningkatkan omzet penjualan
agar usahanya bisa sukses.
3.2 SARAN
Keinginan setiap pelaku usaha adalah mendapatkan laba dan dapat
mempertahankan perusahaannya di tengah persaingan usaha yang ketat. Kegiatan
pemasaran merupakan salah satu solusi untuk pencapaian keinginan pelaku usaha
tersebut. Dengan memilih manajemen pemasaran profesional dan strategi yang
tepat dalam menjalankan kegiatan tersebut, maka keinginan mendapatkan laba dan
mempertahankan kelangsungan perusahaan dapat terealisasi sesuai harapan. Jadi,
tempatkanlah manajemen pemasaran tersebut sebagai kegiatan penting di dalam
perusahaan demi mencapai tujuan usaha.
DAFTAR PUSTAKA
Mursid, M.2010.Manajemen
Pemasaran.Jakarta: Bumi Aksara
Swastha, Basu & T. Hani Handoko. 1987.Manajemen Pemasaran Analisa Perilaku
Konsumen.Yogyakarta:
Liberty
Assauri, Sofjan.2011.Manajemen
pemasaran.Jakarta:PT RajaGrafindo Persada https://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_pemasaran
http://www.pengertianku.net/2015/05/pengertian-manajemen-pemasaran-dan-fungsinya.html
http://layarilmu.blogspot.co.id/2011/07/pengertian-pengembangan-produk.html
No comments:
Post a Comment