PROPOSAL
USAHA
“SPAREPART
KOMPUTER”
Disusun untuk memenuhi tugas Ujiah Tengah Semester Mata
Kuliah Kewirausahaan
Dosen
: Eva Sutihat,
S.E., M.M
Disusun oleh :
DARMAWANTO
E11140057
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
FAKULTAS INFORMATIKA DAN KOMPUTER
UNIVERSITAS MATHLA’UL ANWAR
TAHUN 2016
KATA PENGANTAR
Puji
dan Syukur mari kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah
memberikan Rahmat taufik dan hidayah-Nya sehingga Proposal ini dapat
terselesaikan tepat pada waktunya.
Penyusun menyadari
banyak kekurangan dalam penyusunan proposal ini, itu dikarenakan kemampuan yang
terbatas. Namun berkat bantuan dan dorongan serta bimbingan dari berbagai
pihak, akhirnya pembuatan proposal ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya.
Penyusun berharap
dengan proposal ini dapat bermanfaat khususnya bagi Penyusun dan bagi para pembaca
pada umumnya serta semoga dapat menjadi bahan pertimbangan dan meningkatkan
prestasi dimasa yang akan datang.
Menes, November 2016
Penyusun
PROPOSAL USAHA SPAREPART KOMPUTER
A.
Latar Belakang
a. Faktor
Ekonomi
Pada era globalisasi modern saat ini
komputer / laptop adalah sebuah alat yang sudah sangat pupuler dikalangan
masyarakat luas. komputer telah memberikan berbagai macam kemudahan bagi
manusia dalam melaksanakan berbagai macam aktivitas hariannya. Tugas kuliah,
sekolah, tugas kantor, bahkan tugas rumah.
Melihat perkembangan komputer saat
ini, kita dapat menarik simpul bahwa hampir semua lapisan masyarakat sudah
mengoperasikan computer. Dan prekonomian meningkat banyak yang sudah
terkomputerisasi.
Maka dari itu udaha service computer
sangat menjajikan, mengingat kebanyakan masyarakat hanya bisa mengoperasikan
komputernya, belum tahu bagaimana cara merawat dan perbaikan computer itu
sendiri.
b. Masalah
Sosial Budaya
Teknologi yang berkembang begitu pesat
menuntut semua pihak yang aktivitas hidupnya terikat dengan perangkat tersebut
untuk segera menyesuaikan diri baik dalam kebutuhan hardware maupun skill. Hal
tersebut bukanlah mengikuti tren semata, namun lebih berorientasi pada
penjunjung kelancaran kerja ataupun aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Yang
tentu saja dengan adanya teknologi baru baik hardware maupun software akan
sangat mendukung terhadap kecepatan dan kekuatan hasil kinerja di segala
bidang.
Komputer merupakan salah satu hasil
produk teknologi yang banyak dipakai dalam menunjang aktivitas kerja sebuah
lembaga maupun perorangan. Karena dengan kebutuhan perangkat tersebut mampu
mempercepat dan kesempurnaan aktivitas kerja. Namun di sisi lain, tingginya ketergantungan
aktivitas kerja pada komputer akan berdampak secara langsung pada kemampuan
kinerja perangkat itu sendiri. Semakin sering dan lamanya waktu menggunakan
perangkat komputer dalam berkerja, akan berdampak signifikan pada performa
perangkat itu sendiri. Apalagi apabila pemakaian user tidak mempunyai cukup
ilmu dalam menangani kerusakan sistem maupun hardware hal ini akan semakin
menurunkan performa kinerja komputer tersebut.
Meningkatnya pengguna komputer dan
banyaknya pengguna perangkat komputer yang tidak mampu menangani beberapa
masalah terkait dengan kerusakan sistem operasi maupun kerusakan hardware
memberi peluang tersendiri bagi para teknisi komputer untuk membuka usaha
dibidang penservisan komputer. Persaingan usaha jasa service komputer ada di
kota-kota besar karena banyaknya pihak yang membuka usaha tersebut, namun lain
halnya dengan persaingan di kota-kota kecil kecamatan peluang usaha tersebut
masih cukup menjanjikan untuk dijalankan. Atas dasar pemikiran itulah maka
mengguli proposal ini kami yang mempunyai kecakapan ilmu di bidang yg trouble
shooting komputer baik hardware maupun software berinisiatif mendirikan usaha
jasa service komputer yang dapat dipercaya konsumen dan akurat.
c. Keahlian
Yang Dimiliki
Dengan latar belakang pendidikan
pada jurusan informatika dan komputer universitas Mathla’ul Anwar dan melihat
peluang bisnis yang terbuka lebar tersebut, kami bermaksud untuk membuka usaha
sevice computer yang mampu memberikan hasil kerja yang berkwalitas dengan
pelayanan yang sangat memuaskan.
B.
Tinjauan Teori
a.
Teori-teori
yang mendasari usaha saya
1. Pengrtian Komputer
Pengertian Komputer berasal
dari bahasa latin computare yang mengandung arti 'menghitung', menurut salah
satu sumber yang saya temukan. Menurut sumber yang lainnya, asal kata computer
berasal dari bahasa Inggris compute. Meskipun begitu, kedua kata tersebut
meskipun berasal dari bahasa yang berbeda mempunyai arti yang sama yakni
“menghitung”.
Seiring dengan
perkembangan teknologi, semakin luas pula bidang ilmu komputer. Oleh karenanya
para pakar dan peneliti mempunyai sedikit perbedaan dalam menjelaskan definisi
komputer. Pengertian komputer atau definisi komputer tersebut jika
dijabarkan menurut pendapat para ahli adalah sebagai berikut;
Komputer adalah
mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input
digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di
memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi. Pengertian komputer
tersebut dikemukakan oleh Hamacher .( V. Carl Hamacher, Zvonko G. Vranesic,
Safwat G. Zaky, Computer Organization (5th Edition), McGraw-Hill, 2001.)
Komputer adalah
suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
Ø menerima
input
Ø memproses
input tadi sesuai dengan programnya
Ø menyimpan
perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
Ø menyediakan
output dalam bentuk informasi
Definisi komputer
diatas dikemukakan oleh Menurut Blissmer (Robert H. Blissmer, Computer Annual,
An Introduction to Information Systems 1985-1986 (2nd Edition), John Wiley
& Sons, 1985.)
Komputer
adalah suatu pemroses data yang dapat
melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan
operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia. Pengertian komputer diatas
dikemukakan oleh Fuori (William M. Fuori, Introduction to the Computer: The
Tool of Business (3rd Edition), Prentice Hall, 1981.)
Komputer
adalah sistem elektronik untuk memanipulasi
data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara
otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan
output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori.
Definisi tersebut oleh Sanders (1985).
Untuk melakukan input data pada sebuah komputer,
kita bisa menggunakan berbagai alat misalnya: mouse, keyboard,
kamera digital, scanner dan lain-lain. Pada
fungi pengolahan data, suatu komputer harus bisa melakukan proses manipulasi
dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berati. Informasi
sendiri merupakan hasil dari suatu kegiatan pengolahan data yang memberikan
bentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta. Jadi sebuah komputer harus bisa
melakukan pengolahan data elektronik. Tentu proses pengolahan ini tergantung
dari seberapa besar kemampuan software dan hardware
yang dimiliki oleh sebuah komputer. Pada output data, kita mengenal berbagai
alat yang dapat digunakan sebagai output data pada sebuah komputer. Contoh
perangkat yang paling umum kita jumpai untuk output sebuah komputer adalah printer.
Komputer Generasi
pertama
Komputer generasi
pertama adalah ENIAC, yang merupakan komputer elektronik pertama didunia yang
mempunyai bobot seberat 30 ton, panjang 30 M dan tinggi 2.4 M dan membutuhkan
daya listrik 174 kilowatts. Komputer generasi pertama ini menggunakan Tabung
hampa udara (vacum-tube) yang terbuat dari kaca untuk penguat sinyal. Namun hal
tersebut masih banyak mempunyai kendala seperti: mudah pecah, dan cepat
menyalurkan panas.
Sejarah perkembangan
konputer generasi pertama memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
·
Pada generai ini
komputer masih banyak mengeluarkan panas.
·
Menggunakan
komponen elektronikanya yang terbuat dari Tabung Hampa Udara (Vacuum Tube).
·
Program dibuat
dalam bahasa mesin (Machine Language), yang programnya tersimpan dalam memori
komputer.
·
Utuk
mengoprasikannya pun membutuhkan kekuatan listrik yang cukup besar.
·
Kapasitas yang
disediakan untuk penyimpannan data sangat kecil dan terbatas.
·
Programnya masih
menggunakan bahasa mesin dengan menggunakan kode 0 dan 1 dalam urutan tertentu.
·
Prosesnya
relatif lambat.
·
Mempunyai Ukuran
atau bentuk yang sangat besar sehingga diperlukan sebuah ruangan yang yang
cukup lebar hanya untuk meletakan komputer ini.
·
Orientasi utama
pada aplikasi bisnis.
·
Menggunakan
sistem luar magnetic tape dan magnetic disk.
Komputer Generasi kedua
Sejarah perkembangan komputer generasi kedua lahir pada tahun 1960-an, penemuan
transistor sanggat mempenggaruhi perkembangan komputer pada saat itu.
Transistor dapatb menggantikan Tabung hampa udara. Dan hal tersebut tentunya
megubah semua ukuran mesin-mesin elektrik . Transistor mulai digunakan pada
komputer sekitar tahun 1956-an. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori
inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil,
lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding dengan
komputer generasi pertama.
Perkembangan Komputer
Generasi kedua ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
·
Program dapat
dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (high level language), seperti FORTRAN,
COBOL, ALGOL.
·
Kapasitas memori
utama sudah lumayan besar
·
Sirkutinya
adalah transistor.
·
Ukuran fisik
komputer lebih kecil dari komputer generasi pertama
·
Tidak
membutuhkan terlalu banyak listrik
·
Berorientasi
pada bisnis dan teknik
·
Proses operasi
sudah cepat
Sejarah Perkembangan Komputer Generasi ketiga
Komputer generasi
ketiga merupakan sebuah perkembangan yang sangat pesat dari perkembangan
komputer yang ada. Komputer generasi ketiga muncul sejak era 1965-1971-an.
Transistor yang dianggap tidak effisien lagi membuat para ilmuan mencari
alternatif lain dan kemudian di temukan pada batu kuarsa ( Quartz rock ). Jack
Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi
(IC : integrated circuit) di tahun 1958. Hal ini merupakan sebuah inovasi yang
dapat mendongkrak munculnya komputer generasi ketiga.
Komputer Generasi keempat
Setelah IC ditemukan,
perkembangan komputer semakin pesat dan jelas. Pada tahun 1971 chip INTEL 4004
membawa kemajuan besar dalam dunia IC, intel berhasil memasukan semua komponen
dalam sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali
input/output) kedalam sebuah chip tunggal yang sangat kecil, jika sebelumnya IC
digunakan untuk mengerjakan pekerjaan tertentu saja maka pada masa ini
mikroprosesor dapat diproduksi dan di program untuk menjalankan seluruh
kebutuhan yang diinginkan.
Perkembangan Komputer
generasi keempat memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
·
Dikembangkan
komputer mikro yang menggunakan micro processor dan semiconductor yang
berbentuk chip untuk memori komputer.
·
Pada generasi
ini komputer sudah memaki Large Scale Integration (LSI)
Komputer Generasi Kelima
Sejarah perkembangan
komputer generasi kelima adalah komputer yang kita gunakan sekarang ini dimana
pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang
merupakan pemadatan ribuan microprocessor ke dalam sebuah microprocesor. Selain
itu, juga ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor.
Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor di antaranya adalah: Intel
Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Di pasaran bisa kita lihat
adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486,
dan Pentium. Pentium-4 merupakan produksi terbaru dari Intel Corporation yang
diharapkan dapat menutupi segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya, di
samping itu, kemampuan dan kecepatan yang dimiliki Pentium-4 juga bertambah
menjadi 2 Ghz. Gambar-gambar yang ditampilkan menjadi lebih halus dan lebih
tajam, di samping itu kecepatan memproses, mengirim ataupun menerima gambar
juga menjadi semakin cepat.
Sumber:
http://komputerhpgadget.blogspot.co.id/2015/07/pengertian-komputer.html
2.
Pengertian Jasa
Secara
umum jasa adalah pemberian suatu tindakan atau kinerja yang kasap
mata dari satu pihak ke pihak lainnya. Secara bersamaan jasa dikonsumsi
pada kedua pihak dimana interaksi pemberi jasa dan yang menerima jasa
mempengaruhi hasil jasa tersebut. Pengertian lain menggambarkan jasa adalah
kegiatan yang diidentifikasikan yang sifatnya abstrak atau tak terlihat yang
direncanakan untuk memenuhi kepuasan pihak tertentu. Berikut adalah ulasan
mengenai pengertian jasa menurut para ahli.
Pengertian Jasa Menurut Para Ahli
Ø Djaslim Saladin
Jasa
merupakan kegiatan atau suatu manfaat yang tidak berwujud dan tidak
menghasilkan kepemilikan yang ditawarkan oleh suatu pihak kepada pihak lainnya.
Ø Christian Gronross
Jasa
ialah suatu proses yang terdiri dari serangkaian aktivitas intangible yang
terjadi antara pelanggan dan pegawai jasa yang disediakan sebagai solusi atas
masalah dari pelanggan.
Ø Norman
Jasa
adalah suatu tindakan dan interaksi yang berupa kontak sosial antara
produsen dengan konsumen yang lebih dari sekedar hasil suatu yang tidak
terhalang.
Ø Zeithaml dan Bitner
Jasa
merupakan aktivitas ekonomi dengan pengeluaran (output) selain produk yang
dikonsumsi dan diproduksi pada waktu yang bersamaan yang memberikan nilai plus
dan tidak berwujud bagi pembelinya.
Ø Adrian Payne
Jasa
ialah aktivitas ekonomi yang mempunyai nilai atau manfaat intangible yang
berkaitan dengannya, melibatkan interaksi dengan konsumen atau dengan barang
milik tapi tidak menghasilkan transfer kepunyan atau kepemilikan.
Ø Philip Kotler
Jasa
adalah suatu tindakan yang ditawarkan oleh satu pihak ke pihak lain yang
bersifat abstrak atau tak berwujud dan tidak menyebabkan perpindahan
kepemilikan.
https://www.seputarpengetahuan.com/2015/08/6-pengertian-jasa-menurut-para-ahli-terlengkap.html
3.
Pengertian
Service
Service merupakan satu hal yang sangat penting dalam dunia
bisnis karena service merupakan salah satu bentuk penghargaan kepada pelanggan.
Service juga menjadi salah satu pertimbangan seseorang untuk memutuskan membeli
produk atau menggunakan jasa dari sebua perusahaan. Service yang buruk bisa
membuat pelanggan lari dan beralih ke perusahaan pesaing. Mengingat begitu
pentingnya service bagi kelangsungan usaha kita, sudah selayaknya bila kita
selalu menjaga service kita kepada pelanggan.
Berikut ini adalah pengertian dan
definisi service:
AHMAN SUTARDI & ENDANG BUDIASIH
Service adalah setiap kegiatan yang diperuntukkan
atau ditujukan untuk memberikan kepuasan melalui pelayanan yang diberikan
seseorang secara memuaskan
HERMAWAN KERTAJAYA
Service merupakan sebuah paradigma
dari orang - orang dalam sebuah perusahaan, tidak peduli apakah sebuah
perusahaan yang menhasilkan product atau service untuk selalu memberikan best
value pada pelanggannya
Service adalah "value
enhancer" produk dan perusahaan anda
Service merupakan sebuah rangkaian
proses, dan sebagai proses ia berkaitan dengan input - output.
LOVELOCK & WIRTZ, 2004
Meskipun service sering kali
memasukkan komponen tangibles yang penting, komponen ini bersama - sama dengan
personel yang ahli menjadi kombinasi yang dominan dalam rangkaian value
creation untuk penciptaan kinerja jasa
MOHD ROZANI PAWAN CHEK
Service adalah merupakan gabungan
dari selling (menjual), emphasis (menenkankan), return (timbal balik), Visit
(mengunjungi), Increase (menambah atau meningkatkan), commitment (mengikatkan
diri), dan earn (penghasilan)
LAURENSIUS MANURUNG
Service merupakan aktivitas
perusahaan dalam memberikan layanan pelanggan meliputi penanganan pelanggan dan
keluhan pelanggan
HOLY ICUN Y & MARTINUS GETTY
Service merupakan komponen tambahan
seperti garansi jasa, garansi spare part, asuransi, dll
IMELDA SAPUTRA
Service adalah salah satu nilai
tambah yang perlu kita miliki jika kita ingin tetap eksis di tengah - tengah
persaingan yang semakin ketat seperti sekarang ini.
Sumber :
https://carapedia.com/pengertian_definisi_service_info2099.html
4. Marekting
Menurut Musrid,
pemasaran adalah semua kegiatan usaha yang berkaitan dengan arus penyerahan
barang-barang, jasa-jasa dari produsen ke konsumen. Dengan demikian, pemasaran
adalah hal terpenting dalam melakukan kegiatan usaha demi tercapainya suatu
tujuan. Jadi sebelum melakukan kegiatan pemasaran hal yang perlu di perhatikan
adalah tempat pemasaran produk dan siapa target dari pemsaran tersebut.
Sehubungan
dengan produk yang saya buat yaitu “Peyek Rebon”, maka tempat
pemsaran yang tepat untuk produk yang diproduksi adalah daerah sekitar tempat
tinggal.
Tempat Pemasaran
/ lokasi pemsaran yang diinginkan oleh perusaan:
·
Letak wilayahnya yang strategis
·
Mudah dijangkau oleh konsumen
·
Bahan-bahan yang didapat mudah dicari
·
Biaya transportasi murah
·
Tenaga kerja mudah didapat
·
Sarana angkutan mudah dan banyak
Target pemasaran merupakan suatu motivasi bagi
perusahaan untuk mempermudah sarana / tempat yang luas. Target pemsaran kan
dilakukan apabila kepala perusahaan dengan ditetapkan segmentasi pasar dan
target pemsaran, perusahaan tersebut dapat mengembangkan produknya disetiap
sasaran pasar. Target pemasaran sangat berperan penting bagi usahanya.
http://prastowoadil.blogspot.co.id/2014/03/contoh-marekting-usaha.html
5. Memahami
9 Aspek Penting Sebelum Memulai Usaha
Memulai bisnis bagi kebanyakan orang bukanlah hal
yang mudah. Hal yang klasik, banyak pertimbangan di sana sini sehingga tak
jarang membuat orang urung memulai bisnis. Semestinya memulai bisnis tidak
menjadi salah satu sumber ketakutan bagi setiap orang. Untuk menghilangkan
ketakutan dalam memulai bisnis, seseorang bisa membuat persiapan bisnis yang
matang sehingga dapat menjalaninya dengan optimistis. Salah satu seminar Gerald
Abraham salah seorang penasehat bisnis pada sebuah firma hukum, juga pemilik
dan direktur sebuah konsultan keuangan di tahun 2006, berisi tentang menjadi
sukses dengan memahami 9 aspek penting sebelum memulai usaha.
Ø
Memahami
konsep produk atau jasa secara baik
Ø
Membuat
visi dan misi bisnis
Ø
Perlunya
winning, positive dan learning attitude untuk menjadi sukses
Ø
Membuat
perencanaan dan strategi bisnis yang efektif akan menghindari usaha daripada
risiko bisnis dan keuangan.
Ø
Pengetahuan
dasar manajemen, organisasi dan sistem akan menghindari usaha daripada risiko
manajemen.
Ø
Optimalisasi
sumber daya manusia maka 50% usaha Anda sudah berhasil.
Ø
Mengapa
kreativitas, kepemimpinan dan proses pembuatan keputusan sangat penting?
Ø
Pengetahuan
dasar pengelolaan keuangan dan pembiayaan
Ø
Pemasaran,
pelayanan dan product brand
http://pengusahamuslim.com/208-memahami-9-aspek-penting-sebelum-memulai-usaha.html
b.
Modal,
Pendapatan dan Laba
1. Modal Usah
Uang
pribadi : Rp. 500.000 ,-
Tools
(Alat perlengkapan)
Compact
Disc Read-only : 15 Keping
Linux,
Windows XP, 7, 8
Microsoft
Office 2003
Microsoft
Office 2007
All
Software (lengkap)
DVD
R : 10 Keping
2. Deskripsi
Harga
Penentuan
harga produk jasa perusahaan sebagai berikut:
Jasa
Servis Komputer
Komponen
per unit
|
||
1
|
Tenaga
Kerja
|
35.000
|
2
|
Transportasi
|
10.000
|
3
|
Biaya
Lain-lain
|
5.000
|
Jumlah
Harga Per Unit
|
50.000
|
-
Servis (Repair)
Komputer
= Rp35.000,-
-
Servis Panggilan
= Rp50.000,-
Cek
Komputer
Komponen
per unit
|
||
1
|
Tenaga
Kerja
|
10.000
|
2
|
Transportasi
|
10.000
|
3
|
Biaya
Lain-lain
|
5.000
|
Jumlah
Harga Per Unit
|
25.000
|
-
Cek Bulanan Komputer
(panggilan) = Rp30.000,-
-
Cek kondisi (non
panggilan) =
Rp10.000,-
Install Program
Komponen
per unit
|
||
1
|
Tenaga
Kerja
|
10.000
|
2
|
Transportasi
|
10.000
|
3
|
Biaya
Lain-lain
|
5.000
|
Jumlah
Harga Per Unit
|
25.000
|
-
Install Program
(panggilan) =
Rp30.000,-
-
Install Program (non
panggilan) = Rp20.000,-
-
Paket program = Sistem Operasi,
Aplikasi Kantor, Audio Video, Olah gambar sederhana
Penambahan program di luar paket =
Rp5.000 tiap program
3. Perkiraan
keuntungan dari jasa servis komputer ;
Modal
= Rp. 500.000 ,00
rata- rata pendapatan 1 hari
= Rp. 45.000 ,00
1 bulan
= 45.000 x 30
= Rp. 1.350.000 ,00
laba bersih =
1.350.000 – 500.000
= Rp. 850.000
,00/bln
c.
Teknik-teknik
Usaha
1.
Proses
Produksi
Untuk mendukung proses produksi dan pelayanan pada usaha ini
kami memilki beberapa tenaga kerja. Sesuai dengan jenis usaha yang dijalankan,
tenaga kerja yang ada merupakan orang-orang yang memiliki latar belakang
pendidikan computer baik itu yang secara langsung menangani masalah servis
ataupun yang menjadi mediator dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berasal
dari konsumen yang masuk lewat media internet. Untuk masalah barang-barang yang
dijual kami secara langsung memesan dari produsen atau agen resmi.
2.
Peluang
Pasar
Peluang pasar yang dimiliki usaha jasa servis dan penjualan
perlengkapan komputer ini sangat menjajikan. Tingkat kebutuhan masyarakat
terutama masyarakat perkotaan akan komputer dan hal-hal lain yang terkait
dengannya terlihat menggalami peningkatan yang cukup signifikan. Salah satu
indikator meningkatnya kebutuhan masyarakat akan komputer adalah semakin
genjarnya perusahaan-perusaan computer yang saling berupaya untuk menghadirkan
sebuah terobosan teknologi computer terbaru yang bisa menampung dan menunjang
segala kegiatan kehidupan dengan disesuaikan dengan perkembangan zaman yang
ada. Dengan semakin banyaknya computer yang terjual di masyarakat maka
keperluan perawatan dan servis pasti akan sangat diperlukan, latar belakang
pendidkan yang berbeda membuat tidak semua masyarakat bisa untuk memberikan
servis yang baik kepada computer yang dimilikinya. Peluang inilah yang nanti
bisa kita manfaatkan untuk menghasilkan sebuah usaha yang dapat memberikan
keuntungan yang banyak.
3.
Segmentasi
Pasar
Sasaran usaha jasa servis dan penjualan perlengkapan
komputer ini pada dasarnya tidak dibedakan karena yang terpenting adalah orang
tersebut memilki komputer yang menggalami kerusakan. Terlepas dari pandangan
segmentasi pasar secara umum tersebut kita juga dapat menggelompokan sasaran
usaha ini secara khusus. Penggelompokan secara khusus ini didasarkan pada objek
yang paling banyak menggunakan komputer. Dalam penggelompokan ini para pegawai
kantor dan mahasiwa merupakan sasaran dari segmentasi pasar ini.
4.
Media
Promosi Yang Digunakan
Promosi dilakukan dengan cara online dan offline yang ini
dimaksudkan agar penyampaian promosi ke masyarakat dapat lebih cepat diserap.
Pelaksanaan promosi direncanakan akan dilakukan selama empat bulan. Berikut
adalah media promosi yang digunakan :
Ø Internet
Memasang
iklan lewat internet seperti lewat facebook atau website blogspot atau wordpres.
Ø Penyebaran brosur.
Dilakukan
sebagai upaya promosi penunjang dari promosi-promosi yang sudah ada. Penyebaran
brosur dilakukan di kantor dan universitas yang tersebar dikota malang.
C.
Kesimpulan
Demikian
proposal ini saya buat, besar kiranya harapan kami agar kedepanya usaha ini
dapat benar-benar dibangun karena melihat peluang usaha yang sangat
menjanjikan. Dengan adanya proposal ini kami berharap dapat menjadi referensi
untuk pembuatan proposal kedepannya. Dan apabila ada kata – kata yang salah
dalam penulisan mohon kiranya pembaca dapat memberikan masukkan.
No comments:
Post a Comment