Saturday 27 January 2018

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah                      :   
Mata Pelajaran                     :    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Luhur
Kelas / Semester                   :    X / Ganjil
Materi Pokok                       :  Kontrol Diri (Mujahadah an-nafsi)
Alokasi Waktu                     :    4 x 45 Menit ( 2 x Pertemuan )
Pertemuan Ke -                    :   1, 2

A.      Kompetensi Inti :
       1.  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
       2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung-jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjuk kan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai perma salahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
       3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedu ral berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
       4. Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.       Kompetensi Dasar :                  
2.3  Menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafsi) sebagai implementasi dari pemahaman QS. Al-Anfal (8) : 72 serta hadits terkait.
3.1   Menganalisis QS. Al-Anfal (8) : 72 serta hadits tentang kontrol diri (mujahadah an-nafsi).
3.2   Memahami manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafsi) dan menerapkannya dalam kehidupan.
4.1.1 Membaca QS. Al-Anfal (8) : 72 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhorijul huruf.
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan QS. Al-Anfal (8) : 72 dengan lancar.

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi :
3.1.1  Menganalisis pengertian kontrol diri (mujahadah an-nafsi).
3.2.1  Memahami manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafsi).
4.1.1.1 Membaca QS. Al-Anfal (8) : 72 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhorijul huruf.
4.1.2.1 Mendemonstrasikan hafalan QS. Al-Anfal (8) : 72) dengan lancar.

D.   Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa diharapkan mampu :
1. Menganalisis pengertian kontrol diri (mujahadah an-nafsi).
2. Memahami manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafsi).
3. Membaca QS. Al-Anfal (8) : 72 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhorijul huruf.
4. Mendemonstrasikan hafalan QS. Al-Anfal (8) : 72) dengan lancar.












E.   Materi Pembelajaran :
1.      Kontrol diri (mujahadah an-nafsi), QS Al-Anfal (8) Ayat 72 :

Terjemah :
“ Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad dengan harta dan jiwanya pada jalan Allah dan orang-orang yang memberikan tempat kediaman dan memberi pertolongan (kepada Muhajirin), mereka itu satu sama lain saling melindungi. Dan (terhadap) orang-orang yang beriman tetapi belum berhijrah, maka tidak ada kewajiban sedikit pun bagimu melindungi mereka, sampai mereka berhijrah. (Tetapi) jika mereka meminta pertolongan kepadamu dalam (urusan pembelaan) agama, maka kamu wajib memberikan pertolongan kecuali terhadap kaum yang telah terikat perjanjian antara kamu dengan mereka. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Anfal ayat 72).

Manfaat dan Hikmah Kontrol Diri :
1.    Hati semakin bersih dan tenang
2.    Memperoleh kebahagiaan lahir dan batin
3.    Diberi kemudahan oleh Allah SWT dalam mengerjakan amal sholih
4.    Dijauhkan dari sifat-sifat tercela, seperti iri, dengki dan sombong
5.    Dicintai Allah SWT dan sesama manusia
6.    Mendapatkan hidayah yang sempurna dari Allah SWT
7.    Mendapatkan ridho dari Allah SWT

F.   Metode dan Model Pembelajaran :
Metode : Diskusi, Penugasan.
Model : Model Pembelajaran Eksplorasi

G.  KegiatanPembelajaran :

No
Kegiatan
Waktu
1
Pendahuluan :
1.   Membuka pembelajaran dengan dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
2.   Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya).
3.   Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
4.   Mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan materi.
5.   Menyampaikan kompetensi inti, dan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai dalam pembelajaran.
6.   Menyampaikan tahapan-tahapan kegiatan.
7.   Mempersiapkan media / alat peraga / alat bantu, bisa berupa tulisan di papan tulis / whiteboard, potongan kartu / kertas karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat / dibaca atau gambar), jika memungkinkan melalui tayangan slide (media LCD projector).

20 Menit
2
Kegiatan Inti :

a.    Mengamati
-   Menyimak bacaan, membaca, mengidentifikasi hukum bacaan (tajwid) dan mencermati kandungan QS. Al-Anfal (8) : 72 serta hadits terkait.
-   Mencermati manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafsi) melalui tayangan video atau media lainnya.
b.   Menanya
-    Menanyakan cara membaca QS. Al-Anfal (8) : 72 serta hadits terkait.
-    Mengajukan pertanyaan terkait hukum tajwid, asbabun nuzul dan isi kandungan QS. Al-Anfal (8) : 72) serta hadits terkait.
c.    Mengumpulkan data / eksplorasi
-  Mendiskusikan cara membaca QS. Al-Anfal (8) : 72 sesuai dengan hukum  bacaan tajwid.
-  Menterjemahkan QS. Al-Anfal (8) : 72 serta hadits terkait.
-  Menganalisis asbabun nuzul / wurud dan kandungan QS. Al-Anfal (8) : 72) serta hadits terkait.
d.   Mengasosiasi
-  Membuat kesimpulan dari kandungan QS. Al-Anfal (8) : 72) serta hadits terkait.
e.    Mengkomunikasikan
-    Mendemonstrasikan bacaan (hafalan), menyampaikan hasil diskusi tentang QS. Al-Anfal (8) : 72 serta hadits terkait secara individu maupun kelompok.

140 Menit
3
Penutup :
1.   Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
2.   Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas.
3.   Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

20 Menit

H.   Penilaian Hasil Belajar :

       Pengamatan Kegiatan Diskusi

No
Nama
Aktifitas
Jml Skor
Nilai MK, MB, MT, BT
Ket
Kerja sama
Keaktifan
Inisiatif
Penguasaan materi
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4



1




















2




















3




















4




















5




















6




















7










































      






Catatan :
1.    Apabila peserta didik belum memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator.
2.    Apabila sudah memperlihatkan perilaku tetapi belum konsisten yang dinyatakan dalam indikator.
3.    Apabila sudah memperlihatkan perilaku dan sudah kosisten yang dinyatakan dalam indikator.
4.    Apabila sudah memperlihatkan perilaku kebiasaan  yang dinyatakan dalam indikator.

  Rentang Skor  =  Skor Maksimal - Skor Minimal =  16 - 4
  MK = 14 – 16.           MB = 11 – 13.                    MT =  8 – 10.              BT  = 4 7

  Keterangan :
  BT   :    Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
  MT  :    Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten).
  MB :    Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
  MK :    Membudaya / kebiasaan (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara  konsisten).

       Portofolio

Secara berkelompok peserta didik membuat paparan tentang Kontrol Diri (mujahadah an-nafsi).
      
Penilaian :

Struktur Hasil Karya
Indikator
Nilai
     Proses
Persiapan
Kerjasama

     Tampilan
Keterbacaan
Kebersihan
Kerapian

      Isi
 Kesesuaian dengan materi
 Orisinalitas karya
 Kelengkapan informasi
 Kelengkapan pustaka

      Jumlah

     
 Kriteria Penilaian Indikator :
4  : Sangat baik.     3 : Baik.           2 : Cukup.       1 : Kurang

Tes Tulis

·      Menyalin QS. Al-Anfal (8) : 72 dan mengidentifikasi hukum bacaan tajwidnya.
·      Menjawab soal-soal tentang isi kandungan QS. Al-Anfal (8) : 72 dan hadis terkait.

Tes Lisan

·       Membaca dan menghafal QS. Al-Anfal (8) : 72 dan hadits terkait.

I.  Sumber Belajar
2.    Literatur yang memuat tentang Kontrol Diri (mujahadah an-nafsi).







Mengetahui,
Kepala








Jakarta,    Juli 2014
Guru PAI dan Budi Pekerti


























































UJI KOMPETENSI

A.    Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d atau e pada jawaban yang paling tepat !
 

1.        Lafaz                  mengandung bacaan ....
a.  Ghunnah musyaddah dan mad thobi’i
b. Iqlab dan mad jaiz munfashil
c.  Idhhar syafawi dan mad thobi’i
d. Idghom bighunnah dan ikhfa’
e.  Ghunnah musyaddah dan mad wajib muttashil
 

2.        Lafadz                    mengandung bacaan ....
a.    Idhhar
b.    Ikhfa’
c.    Iqlab
d.   Idghom bighunnah
e.    Idghom bila ghunnah
3.        Manakah lafadz dibawah ini yang mempunyai arti  “dan jiwa mereka” ....
a.     
b.     
c.     
d.    
e.     


4.        Setiap muslim diperintahkan untuk melakukan mujahadah an-nafsi. Dibawah ini yang merupakan pengertian mujahadah an-nafsi adalah ....
a.   Perjuangan sungguh-sungguh melawan hawa nafsu
b.  Bersungguh-sungguh untuk berserah diri kepada Allah SWT
c.   Perjuangan sungguh-sungguh melawan orang kafir
d.  Bersungguh-sungguh bersabar menerima cobaan dari Allah SWT
e.   Perjuangan sungguh-sungguh  menahan rasa takut
5.        Mujahadah an-nafsi memiliki banyak manfaat dan hikmah. Dibawah ini yang bukan manfaat dan hikmah mujahadah an-nafsi adalah ....
a.   Hati semakin bersih dan tenang
b.  Memperoleh kebahagiaan lahir dan batin
c.   Dicintai Allah SWT dan sesama manusia
d.  Hidup menjadi terasa dikekang
e.   Mendapatkan ridha dari Allah SWT
6.        Perhatikan potongan QS. Al-Hujurat ayat 12 berikut ini :
 


Potongan ayat diatas berisi  ....
a.    Perintah melaksanakan mujahadah an-nafsi
b.    Larangan berprasangka buruk
c.    Perintah berperang melawan orang kafir
d.   Larangan bersifat sombong
e.    Perintah bersabar menghadapi cobaan
7.        Salah satu perwujudan husnudhon adalah dengan selalu bersyukur atas semua nikmat dan karunia yang diberikan Allah SWT. Dibawah ini yang bukan cara bersyukur kepada Allah SWT adalah ....
a.     Mengucapkan tahmid ketika mendapat nikmat
b.    Mengucapkan istighfar ketika mendapat nikmat
c.     Menggunakan semua nikmat dijalan Allah SWT
d.    Merasa cukup atas pemberian Allah SWT
e.     Menyedekahkan sebagian rezeki untuk kaum dhuafa

8.        Allah SWT memerintahkan berprasangka baik kepada orang lain dan diri sendiri. Seseorang yang berprasangka baik kepada diri sendiri akan memiliki sifat dibawah ini, kecuali ....
a.     Gigih berusaha dan bekerja keras
b.    Percaya pada kemampuan diri sendiri
c.     Selalu berdoa dan ikhtiar untuk mencapai cita-cita
d.    Pesismis dalam menghadapi kehidupan
e.     Tidak mengeluh atas semua kesulitan yang dihadapi
9.        Lafadz                      berarti ....
a.    Dan jangan kalian mencari kesalahan orang lain
b.    Dan jangan kalian mengumpat
c.    Dan jangan kalian berputus asa
d.   Dan jangan kalian membantu orang kafir
e.    Dan jangan kalian meminta bantuan orang lain

10.    Perhatikan firman Allah SWT berikut ini :
 



Ayat diatas menegaskan bahwa ....
a.     Allah SWT memuji orang mu’min yang memiliki kesabaran tinggi
b.    Allah SWT tidak melarang seseorang berbuat aniaya jika terpaksa
c.     Sesungguhnya Allah SWT Maha Bijaksana dan Maha Mengetahui
d.    Allah SWT tidak membebani seseorang diluar batas kemampuannya
e.     Allah SWT akan memberi pahala bagi orang yang beramal sholih
11.    Lafadz                              mengandung bacaan ....
a.     Ikhfa’
b.    Iqlab
c.     Idzhar
d.    Idghom bighunnah
e.     Idghom bilaghunnah
12.    Perhatikan potongan ayat berikut ini :
Potongan ayat diatas menegaskan bahwa ....
a.    Orang-orang mu’min akan masuk surga
b.    Orang-orang mu’min memiliki akhlaq mulia
c.    Orang-orang muslim saling tolong - menolong
d.   Orang-orang muslim saling menghormati
e.    Orang-orang mu’min adalah bersaudara
13.    Persaudaraan antar mu’min adalah persaudaraan yang diikat oleh ....
a.     Penderitaan dan masalah hidup yang sama
b.    Persamaan aqidah dan keimanan kepada Allah SWT
c.     Satu keturunan Nabi Adam as dan Hawa
d.    Persamaan keinginan untuk hidup bahagia
e.     Kebangsaan dan nasionalisme yang kuat
14.    Potongan ayat yang berbunyi                                         artinya adalah ....
a.    Bertaqwalah kepada Allah SWT agar mendapat rahmat
b.    Orang beriman senantiasa menjaga lisan dan perbuatannya
c.    Karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu (yang berselisih)
d.   Berserah dirilah kepada Allah SWT agar mendapat ridho-Nya
e.    Janganlah kalian mengadu-domba sesama orang mu’min
15.    Perhatikan hadits berikut ini :







       Hadits diatas menegaskan bahwa antara mu’min satu dengan lainnya bagaikan ...
a.    Buih dilautan yang mudah terombang-ambing
b.    Air mengalir disungai yang jernih dan bersih
c.    Satu keranjang buah yang beraneka ragam
d.   Bangunan kuno yang perlu dilestarikan
e.    Satu bangunan yang saling menguatkan
B.     Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini !

1.    Tuliskan bagaimana cara menerapkan mujahadah an-nafsi dalam kehidupan sehari-hari ?
2.    Tuliskan apa yang akan kamu lakukan jika mengetahui ada dua orang mu’min yang sedang berselisih pendapat ?
3.    Tuliskan kandungan QS. Al-Anfal (8) : 72 !
4.    Tuliskan manfaat dan hikmah orang yang mujahadah an-nafsi !
5.    Tuliskan hukum bacaan ikhfa’, idhhar dan idghom bighunnah yang terdapat dalam QS. Al-Anfal ayat 72 !

C.    Bacalah ayat-ayat berikut ini !

 














Aspek yang dinilai
Indikator Kemampuan
Nilai
Paraf Guru
·  Kelancaran dalam membaca ayat Al-Qur’an dan hadits
·  Tajwid
·  Makhroj
·   Membaca dengan lancar
·   Tidak melakukan kesalahan tajwid dan makhroj
100

·   Membaca dengan lancar
·   Melakukan 1-5 kesalahan tajwid dan makhroj
90

·   Melakukan 6-10 kesalahan tajwid dan makhroj
80

·   Melakukan 11-15 kesalahan tajwid dan makhroj
70

·   Melakukan 16-20 kesalahan tajwid dan makhroj
60

·   Melakukan  lebih dari 20 kesalahan tajwid dan makhroj
50












D.    Refleksi
Berilah tanda ceklis ( ü ) yang sesuai dengan dorongan hati kamu menanggapi pernyataan-pernyataan berikut !


No

Pernyataan
Kebiasaan
Selalu
Sering
Jarang
Tidak Pernah
Skor 3
Skor 2
Skor 1
Skor 0
1
Saat ada bisikan hawa nafsu untuk berbuat maksiat saya segera membaca ta’awudz




2
Saya puasa senin-kamis untuk mengendalikan diri dan mendekatkan diri kepada Allah SWT




3
Saya meminta ma’af kepada teman jika saya bersalah




4
Saya mudah mema’afkan kesalahan teman





5
Saya optimis mampu meraih cita-cita





6
Saya membaca istighfar ketika melakukan kesalahan




7
Saya bertutur kata lemah lembut kepada teman





8
Saat berjumpa teman, saya menyapa dengan ramah




9
Saya menghormati perbedaan pendapat





10
Saya menjaga persaudaraan dengan sesama mu’min





No comments:

Post a Comment