Saturday, 27 January 2018

SILABUS PEMBELAJARAN













PERANGKAT PEMBELAJARAN
SILABUS PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                     :  Pendidikan Agama Islam (PAI & BP)
Satuan Pendidikan               :  SMA / SMK
Kelas / Semester                    :  X / Ganjil dan Genap
Nama Guru                           : 
NIP / NIK                              : 
Nama Sekolah                       : 



 























SILABUS

Satuan Pendidikan      :  SMK
Mata Pelajaran            :  Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas                           :  X (Sepuluh)
Kompetensi Inti          :
KI 1  :  Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro- aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3  :  Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4  :  Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1  Menghayati nilai-nilai keimanan kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.
1.2  Berpegang teguh kepada Al-Qur’an, Hadits dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
1.3  Meyakini kebenaran hukum Islam.
1.4  Berpakaian sesuai dengan syari’at Islam dalam kehidupan sehari-hari.
2.1  Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari sebagai implemantasi dari pemahaman QS. Al-Maidah (5) : 8, QS. At-Taubah (9) : 119 dan hadits terkait.
2.2  Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sebagai implementasi dari pemahaman QS. Al-Isra (17) : 23 dan hadits terkait.
2.3  Menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnudhan) dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi dari pemahaman QS. Al-Anfal (8) : 72, QS. Al-Hujurat (49) : 12 dan 10 serta hadits terkait.
2.4  Menunjukkan perilaku menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan perbuatan zina sebagai implementasi dari pemahaman QS. Al-Isra’ (17) : 32 dan QS. An-Nur (24) :  2 serta hadits terkait.
2.5  Menunjukkan sikap semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman QS. At-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait.
2.6  Menunjukkan sikap keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakkal dan perilaku adil sebagai implementasi dari pemahaman Asmaul Husna (al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl dan al-Akhiir).
2.7  Menunjukkan sikap tangguh dan semangat menegakkan kebenaran sebagai implementasi dari pemahaman strategi dawah Rasulullah SAW di Mekah.
2.8  Menunjukkan sikap semangat ukhuwah sebagai implementasi dari pemahaman strategi da’wah Rasulullah SAW di Madinah.
3.1 Menganalisis QS. Al-Anfal (8) : 72), QS. Al-Hujurat (49) : 12 dan QS. Al-Hujurat (49) : 10 serta hadits tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnudhon) dan persaudaraan (ukhuwah).

3.2 Memahami manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnudhon) dan persaudaraan (ukhuwah) dan menerapkannya dalam kehidupan.


4.1.1 Membaca QS. Al-Anfal (8) : 72), QS. Al-Hujurat (49) : 12 dan QS. Al-Hujurat (49) : 10 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhorijul huruf.

4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan QS. Al-Anfal (8) : 72), QS. Al-Hujurat (49) : 12, QS. Al-Hujurat (49) : 10 dengan lancar.
1.  QS. Al-Anfal (8) : 72, QS. Al-Hujurat (49) : 12 dan 10 serta hadits terkait perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnudhon) dan persaudaraan (ukhuwah).  
·      Mengamati
     Menyimak bacaan, membaca, mengidentifikasi hukum bacaan (tajwid) dan mencermati kandungan  QS. Al-Anfal (8) : 72, QS. Al-Hujurat (49) :12 dan QS. Al-Hujurat (49) :10 serta hadits terkait.
     Mencermati manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnudhon) dan persaudaraan (ukhuwah) melalui tayangan video atau media lainnya.
·      Menanya
     Menanyakan cara membaca QS. Al-Anfal (8) : 72, QS. Al-Hujurat (49) : 12 dan 10.
Mengajukan pertanyaan terkait hukum tajwid, asbabun nuzul dan isi kandungan QS. Al-Anfal (8) : 72), QS. Al-Hujurat (49) : 12 dan QS. Al-Hujurat (49) : 10 serta hadits terkait.
·      Mengumpulkan data / eksplorasi
Mendiskusikan cara membaca QS. Al-Anfal (8) : 72, QS. Al-Hujurat (49) : 12 dan 10 sesuai dengan hukum  bacaan tajwid.
Menterjemahkan QS. Al-Anfal (8) : 72, QS. Al-Hujurat (49) : 12 dan 10 serta hadits terkait.
Menganalisis asbabun nuzul / wurud dan kandungan QS. Al-Anfal (8) : 72), QS. Al-Hujurat (49) :12 dan QS. Al-Hujurat (49) :10 serta hadits terkait.
·      Mengasosiasi
Membuat kesimpulan dari kandungan QS. Al-Anfal (8) : 72), QS. Al-Hujurat (49) :12 dan QS. Al-Hujurat (49) : 10  serta hadits terkait.
·      Mengkomunikasikan
Mendemonstrasikan bacaan (hafalan), menyampaikan hasil diskusi tentang QS. Al-Anfal (8) : 72, QS. Al-Hujurat (49) : 12 dan 10 serta hadits terkait secara individu maupun kelompok.
·      Tugas
Menghafal QS. Al-Anfal (8) : 72, QS. Al-Hujurat (49) :12 dan QS. Al-Hujurat (49) : 10 serta hadits terkait dengan cara mengisi lis  (lembar tugas hafalan).
·      Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat :
§  isi diskusi (hukum bacaan, kandungan ayat), manfaat dan hikmah perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husndhon) dan persaudaraan (ukhuwah).
§  sikap yang ditunjukkan peserta didik terkait dengan  perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnudhon) dan persaudaraan (ukhuwah)
·      Portofolio
Melaporkan hasil obervasi berupa paparan tentang kandungan QS. Al-Anfal (8) : 72, QS. Al-Hujurat (49) : 12 dan 10 serta hadits terkait.
Membuat paparan analisis dan identifikasi hukum bacaan yang ada pada QS. Al-Anfal (8) : 72, QS. Al-Hujurat (49) : 12 dan 10.
Membuat laporan perkembangan hafalan QS. Al-Anfal (8) : 72, QS. Al-Hujurat (49) : 12 dan 10 serta hadis terkait.
·      Tes Tulis
Menyalin QS. Al-Anfal (8) : 72), QS. Al-Hujurat (49) :12 dan QS. Al-Hujurat (49) : 10 serta mengidentifikasi hukum bacaan tajwidnya.
Menjawab soal-soal tentang isi kandungan QS. Al-Anfal (8) : 72, QS. Al-Hujurat (49) : 12 dan 10 serta hadis terkait.
·      Tes Lisan
Membaca dan menghafal QS. Al-Anfal (8) : 72), QS. Al-Hujurat (49) : 12 dan QS. Al-Hujurat (49) :10 serta hadits terkait.
12 x 2
Jam Pelajaran
6 x Pertemuan
·   Buku PAI Kls X Kemdikbud
·   Al-Quran dan Al-Hadits
·   Buku Tajwid
·   Kitab Tafsir Al-Qur’an
·   Buku lain yang menunjang
·   Multimedia Interaktif dan Internet

3.3 Menganalisis QS. Al-Isra’ (17) : 32 dan QS. An-Nur (24) : 2 serta hadits tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.

3.4 Memahami manfaat dan hikmah larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.

4.2.1 Membaca QS. Al-Isra’ (17) : 32 dan QS. An-Nur (24) : 2 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf.

4.2.2 Mendemonstrasikan hafalan QS. Al-Isra’ (17) : 32 dan QS. An-Nur (24) : 2 dengan lancar.
2.  Perilaku menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan perbuatan zina.


·      Mengamati
Menyimak bacaan, mengidentifikasi hukum bacaan (tajwid) dan mencermati kandungan QS. Al-Isra’ (17) : 32 dan QS. An-Nur (24) : 2 serta hadits terkait.
Mencermati manfaat dan hikmah larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina melalui tayangan video atau media lainnya.
·      Menanya
Menanyakan cara membaca hukum tajwid, asbabun nuzul dan isi kandung an QS. Al-Isra’ (17) : 32 dan QS. An-Nur (24) : 2 serta hadits terkait.
·      Mengumpulkan data / eksplorasi
Mendiskusikan cara membaca sesuai dengan tajwid, menganalisis asbabun nuzul / wurud dan kandungan QS. Al-Isra’ (17) : 32 dan QS. An-Nur (24) : 2 serta hadits terkait.
·      Mengasosiasi
Membuat kesimpulan dari kandungan QS. Al-Isra’ (17) : 32 dan QS. An-Nur (24) : 2 serta hadits terkait.
·      Mengkomunikasikan
Mendemonstrasikan bacaan (hafalan), menyampaikan hasil diskusi tentang  QS. Al-Isra’ (17) : 32 dan QS. An-Nur (24) : 2 serta hadits terkait secara individu maupun kelompok.
·      Tugas
Menghafal QS. Al-Isra’ (17) : 32 dan QS. An-Nur (24) : 2 serta hadits terkait dengan cara mengisi lis  (lembar tugas hafalan).
·      Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat :
§  isi diskusi (kandungan ayat dan hukum bacaan).
§  sikap yang ditunjukkan peserta didik terkait dengan perilaku menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan perbuatan zina.
·      Portofolio
Melaporkan hasil obervasi berupa paparan tentang kandungan QS. Al-Isra’ (17) : 32 dan QS. An-Nur (24) : 2 serta hadits terkait.
Membuat paparan analisis dan identifikasi hukum bacaan yang ada pada QS. Al-Isra’ (17) : 32 dan QS. An-Nur (24) : 2.
Membuat laporan perkembangan hafalan QS. Al-Isra’ (17) : 32 dan QS. An-Nur (24) : 2 serta hadits terkait.
·      Tes Tulis
Menyalin QS. Al-Isra’ (17) : 32 dan QS. An-Nur (24) : 2 serta mengidentifikasi hukum bacaan tajwidnya.
Menjawab soal-soal tentang isi kandungan QS. Al-Isra’ (17) : 32 dan QS. An-Nur (24) : 2 serta hadits terkait.
·      Tes Lisan
Membaca dan menghafal QS. Al-Isra’ (17) : 32 dan QS. An-Nur (24) : 2 serta hadits terkait.
6 x 2
Jam Pelajaran
3 x Pertemuan
·   Buku PAI Kls X Kemdikbud
·   Al-Quran dan Al-Hadits
·   Buku Tajwid
·   Kitab Tafsir Al-Qur’an
·   Buku lain yang menunjang
·   Multimedia Interaktif dan Internet

3.5 Memahami makna sifat jaiz, sifat wajib, sifat mukhal dan asmaul Husna : (al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl dan al-Akhiir).

4.3 Berperilaku yang mencontohkan keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil sebagai implementasi dari pemahaman makna Asmaul Husna (al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl dan al-Akhiir).
3.  Iman kepada Allah SWT (sifat jaiz, sifat wajib, sifat mukhal dan asmaul Husn : al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl dan al-Akhiir).
·      Mengamati
Mencermati bacaan teks tentang Asmaul Husna (al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl dan al-Akhiir).
Meyimak penjelasan materi di atas melalui tayangan video atau media lainnya.
·      Menanya
Mengapa Allah SWT memiliki nama yang begitu banyak ?
Apa yang harus dilakukan oleh umat Islam terkait nama-nama Allah SWT yang indah itu ?
·      Mengumpulkan data / eksplorasi
Peserta didik mendiskusikan makna dan contoh perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil sebagai implementasi dari pemahaman makna Asmaul Husna (al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl dan al-Akhiir).
Guru mengamati perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil melalui lembar pengamatan di sekolah.
Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil di rumah.
·      Mengasosiasi
Membuat kesimpulan materi di atas.
·      Mengkomunikasikan
Mempresentasikan / menyampaikan hasil diskusi tentang materi di atas.
·      Tugas
Mengumpulkan data (gambar, berita, artikel tentang perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil).
·      Observasi
Mengamati teman sejawat tentang perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil di lingkungan sekolah, rumah maupun masyarakat melalui lembar pengamatan.
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat :
§  isi diskusi.
§  sikap yang ditunjukkan saat pelaksanaan diskusi dan kerja kelompok.
·      Portofolio
Membuat paparan analisis dari hasil observasi tentang perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil.
·      Tes Tulis
Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang  Asmaul Husna (al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl dan al-Akhiir).
·      Tes Lisan
Menjelaskan hasil pengamatan tentang perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil  sebagai implemantasi dari Asmaul Husna (al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl dan al-Akhiir).
6 x 2
Jam Pelajaran
3 x Pertemuan
·   Buku PAI Kls X Kemdikbud
·   Buku lain yang menunjang
·   Multimedia Interaktif dan Internet

3.6 Memahami makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT.

4.4 Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.

4.  Iman kepada Malaikat-malaiakat Allah SWT
·      Mengamati
Mencermati bacaan teks tentang makna dan contoh perilaku beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.
Meyimak penjelasan materi di atas melalui tayangan video atau media lainnya.
·      Menanya
Mengapa  kita harus beriman  kepada Malaikat ?
Apa yang harus dilakukan oleh orang yang beriman kepada Malaikat ?
·      Mengumpulkan data / eksplorasi
Peserta didik mendiskusikan makna dan contoh perilaku  beriman kepada Malaikat.
Guru mengamati perilaku  beriman kepada Malaikat melalui lembar pengamatan di sekolah.
Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati perilaku  beriman kepada Malaikat di rumah.
·      Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang makna beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.
·      Mengkomunikasikan
Mempresentasikan / menyampaikan hasil diskusi tentang  beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.
·      Tugas
Mengumpulkan data (gambar, berita, artikel tentang perilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT).
·      Observasi
Peserta didik melakukan  pengamatan terhadap perilaku menghayati nilai-nilai keimanan kepada Malaikat-malaikat Allah SWT  melalui lembar pengamatan di lingkungan sekolah, rumah maupun masyarakat.
·      Portofolio
Melaporkan hasil obervasi berupa paparan tentang makna beriman kepada Malaikat.
Membuat paparan analisis tentang perilaku orang-orang yang beriman kepada Malaikat.
·      Tes Tulis
Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang  iman kepada Malaikat.
·      Tes Lisan
Memaparkan hasil pengamatan tentang perilaku orang-orang yang beriman kepada Malaikat.
6 x 2
Jam Pelajaran
3 x Pertemuan
·   Buku PAI Kls X Kemdikbud
·   Buku lain yang menunjang
·   Multimedia Interaktif dan Internet

3.7 Memahami QS. At-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait tentang semangat mencari ilmu, menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama.

4.5 Menceritakan tokoh-tokoh teladan dalam semangat mencari ilmu


5.  Semangat mencari ilmu dan menyam pai kannya kepada sesama.
·      Mengamati
Mencermati bacaan teks tentang QS. At-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait tentang semangat mencari ilmu, menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama.
Meyimak penjelasan materi di atas melalui tayangan video atau media lainnya.
·      Menanya
Mengapa  harus mencari ilmu ?
Bagaimana cara menyampaikan ilmu kepada sesama ?
·      Mengumpulkan data / eksplorasi
Peserta didik mendiskusikan makna dan contoh semangat mencari ilmu, menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama sebagai implementasi pemahaman kandungan QS. at-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait.

Guru mengamati perilaku contoh semangat mencari ilmu, menerapkan dan menyaampaikannya kepada sesama melalui lembar pengamatan di sekolah.
Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati perilaku semangat mencari ilmu, menerapkan dan menyaampaikannya kepada sesama di rumah.
·      Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang semangat mencari ilmu dan menyampaikannya kepada sesama.
·      Mengkomunikasikan
Mempresentasikan / menyampaikan hasil diskusi tentang semangat mencari ilmu dan menyampaikan nya kepada sesama.
·      Tugas
Mengumpulkan data (gambar, berita, artikel tentang semangat mencari ilmu, menerap kan dan menyampaikannya kepada sesama).
·      Observasi
Peserta didik melakukan  pengamatan terhadap perilaku semangat mencari ilmu, menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama sebagai implementasi pemahaman kandungan QS. at-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait melalui lembar pengamatan di lingkungan sekolah, rumah maupun masyarakat.
·      Portofolio
Melaporkan hasil obervasi berupa paparan tentang makna dan contoh semangat mencari ilmu, menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama.
Membuat paparan analisis tentang makna dan contoh semangat mencari ilmu, menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama.
·      Tes Tulis
Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang  semangat mencari ilmu dan menyampaikannya kepada sesama.
·      Tes Lisan
Memaparkan hasil pengamatan tentang perilaku orang-orang yang semangat mencari ilmu dan menyampaikannya kepada sesama.
6 x 2
Jam Pelajaran
3 x Pertemuan
·   Buku PAI Kls X Kemdikbud
·   Al-Qur’an dan Al-Hadits
·   Kitab Tafsir Al-Qur’an
·   Buku lain yang menunjang
·   Multimedia Interaktif dan Internet

3.8 Memahami kedudukan Al-Qur’an, Hadits dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.

4.6 Menyajikan macam-macam sumber hukum Islam dan hukum taklifi.


6.  Sumber Hukum Islam
·      Mengamati
Mencermati bacaan teks tentang kedudukan al-Qur’an, al-Hadits dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
Meyimak penjelasan materi tersebut di atas melalui tayangan video atau media lainnya.
·      Menanya
Mengapa Al-Qur’an, Hadits dan Ijtihad sebagai sumber hukum  Islam ?
Apa yang anda pahami tenang Al-Qur’an, Hadits dan Ijtihad ?
·      Mengumpulkan data / eksplorasi
Peserta didik mendiskusikan makna Al-Qur’an, Hadits dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
Guru mengamati perilaku berpegang teguh kepada Al-Qur’an, Hadits dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati perilaku berpegang teguh kepada Al-Qur’an, Hadits dan Ijtihad di rumah.
·      Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang sumber hukum Islam.
·      Mengkomunikasikan
Mempresentasikan / menyampaikan hasil diskusi tentang sumber hukum Islam.


·      Tugas
Mengumpulkan data (gambar, berita, artikel tentang perilaku berpegang teguh kepada al-Qur’an, al-Hadits dan Ijtihad).
·      Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat isi diskusi dan sikap saat diskusi.
Mengamati perilaku orang-orang yang berpegang teguh kepada al-Qur’an, al-Hadits dan Ijtihad
·      Portofolio
Membuat paparan tentang kedudukan dan fungsi al-Qur’an, al-Hadits dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
·      Tes Tulis
Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang  kedudukan dan fungsi al-Qur’an, al-Hadits dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
·      Tes Lisan
Memaparkan hasil pengamatan perilaku berpegang teguh kepada al-Qur’an, al-Hadits dan Ijtihad serta menganalisis dan menanggapinya.
8 x 2
Jam Pelajaran
4 x Pertemuan
·   Buku PAI Kls X Kemdikbud
·   Al-Qur’an dan Al-Hadits
·   Buku lain yang menunjang
·   Multimedia Interaktif dan Internet

3.9 Memahami pengelolaan  zakat,haji dan waqaf.

4.7.1 Menyajikan dalil tentang ketentuan zakat, haji dan waqaf.

4.7.2 Menyajikan pengelolaan zakat, haji dan waqaf.


7.  Pengelolaan zakat, haji dan waqaf
·      Mengamati
Mencermati bacaan teks tentang pengertian, ketentuan dan hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan zakat, haji dan waqaf.
Meyimak penjelasan materi di atas melalui tayangan video atau media lainnya.
·      Menanya
Mengapa zakat, haji dan waqaf harus dikelola ?
Bagaimana cara mengelola zakat, haji dan waqaf ?  
·      Mengumpulkan data / eksplorasi
Peserta didik mendiskusikan makna dan ketentuan zakat, haji dan waqaf serta pengeloalaannya.
·      Mengasosiasi
Membuat kesimpulan materi pengelolaan zakat, haji dan waqaf.
·      Mengkomunikasikan
Mempresentasikan / menyampaikan hasil diskusi tentang materi pengelolaan zakat, haji dan waqaf.


·      Tugas
Mengumpulkan data (gambar, berita, artikel tentang pengelolaan zakat, haji dan waqaf).
·      Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat isi diskusi dan sikap saat diskusi.
Mengamati pengelolaan zakat, haji dan waqaf.
·      Portofolio
Membuat paparan dan menganalisis tentang pengelolaan zakat, haji dan waqaf.
·      Tes Tulis
Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang  ketentuan dan pengelolaan zakat, haji dan waqaf.
·      Tes Lisan
Memaparkan hasil pengamatan tentang pengelolaan zakat, haji dan waqaf.

6 x 2
Jam Pelajaran
3 x Pertemuan
·   Buku PAI Kls X Kemdikbud
·   Buku lain yang menunjang
·   Multimedia Interaktif dan Internet

3.10. Memahami substansi dan strategi dawah Rasullullah SAW di Mekah.

4.8. Mendeskripsikan substansi dan strategi dawah Rasullullah SAW di Mekah.
8.  Meneladani Perjuangan Rasulullah SAW di Mekah.
·      Mengamati
Mencermati bacaan teks tentang substansi dan strategi dawah Rasullullah SAW di Mekah.
Meyimak penjelasan materi tersebut di atas melalui tayangan video atau media lainnya.
·      Menanya
Apa substansi da’wah Rasulullah SAW di Mekah ?
Bagaimana strategi da’wah Rasulullah SAW di Mekah ?
·      Mengumpulkan data / eksplorasi
Peserta didik mendiskusikan substansi dan strategi dawah Rasullullah SAW di Mekah.
Guru mengamati perilaku tangguh dan semangat menegakkan kebenaran dalam kehidupan sehari-hari.
Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati perilaku tangguh dan semangat menegakkan kebenaran dalam kehidupan sehari-hari di rumah.


·      Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang substansi dan strategi dawah Rasullullah SAW di Mekah.
·      Mengkomunikasikan
Mempresentasikan / menyampaikan hasil diskusi tentang substansi dan strategi dawah Rasullullah SAW di Mekah.
·      Tugas
Mengumpulkan data (gambar, berita, artikel tentang substansi dan strategi dawah Rasullullah SAW di Mekah).
·      Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat isi diskusi dan sikap saat diskusi.
Mengamati perilaku orang-orang yang memiliki sikap tangguh dan semangat menegakkan kebenaran sebagai implementasi dari pemahaman tentang strategi dawah Rasulullah SAW di Mekah.
·      Portofolio
Membuat paparan tentang substansi dan strategi dawah Rasullullah SAW di Mekah.
Membuat paparan tentang perilaku orang-orang yang memiliki sikap tangguh dan semangat menegakkan kebenaran.
·      Tes Tulis
Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang  substansi dan strategi dawah Rasullullah SAW di Mekah.
·      Tes Lisan
Memaparkan hasil pengamatan tentang perilaku orang-orang yang memiliki sikap tangguh dan semangat menegakkan kebenaran sebagai implementasi dari pemahaman tentang strategi dawah Rasulullah SAW di Mekah.
4 x 2
Jam Pelajaran
2 x Pertemuan
·   Buku PAI Kls X Kemdikbud
·   Buku lain yang menunjang
·   Multimedia Interaktif dan Internet

3.11. Memahami substansi dan strategi da’wah Rasullullah SAW di Madinah.

4.9. Mendeskripsikan substansi dan strategi da’wah Rasullullah SAW di Madinah.
9.  Meneladani Perjuangan Rasulullah SAW di Madinah
·      Mengamati
Mencermati bacaan teks tentang substansi dan strategi da’wah Rasullullah SAW di Madinah.
Meyimak penjelasan materi tersebut di atas melalui tayangan video atau media lainnya.
·      Menanya
Apa substansi da’wah Rasulullah SAW di Madinah ?
Bagaimana strategi da’wah Rasulullah SAW di Madinah ?
·      Mengumpulkan data / eksplorasi
Peserta didik mendiskusikan substansi dan strategi dawah Rasullullah SAW di Madinah.
Guru mengamati perilaku semangat ukhuwah sebagai implementasi dari pemahaman strategi da’wah Rasulullah SAW di Madinah.
Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati perilaku semangat ukhuwah sebagai implementasi dari pemahaman strategi da’wah Rasulullah SAW di Madinah.
·      Mengasosiasi
Membuat kesimpulan materi substansi dan strategi dawah Rasullullah SAW di Madinah.
·      Mengkomunikasikan
Mempresentasikan / menyampaikan hasil diskusi tentang materi substansi dan strategi dawah Rasullullah SAW di Madinah.
·      Tugas
Mengumpulkan data (gambar, berita, artikel tentang substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW di Madinah).
·      Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat isi diskusi dan sikap saat diskusi.
Mengamati perilaku orang-orang yang memiliki semangat ukhuwah sebagai implementasi dari pemahaman strategi da’wah Rasulullah SAW di Madinah.
·      Portofolio
Membuat paparan tentang substansi dan strategi dawah Rasullullah SAW di Madinah.

Membuat paparan tentang perilaku orang-orang yang memiliki sikap semangat ukhuwah sebagai implementasi dari pemahaman strategi da’wah Rasulullah SAW di Madinah.
·      Tes Tulis
Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang  substansi dan strategi dawah Rasullullah SAW di Madinah.
·      Tes Lisan
Memaparkan hasil pengamatan tentang perilaku orang-orang yang memiliki sikap semangat ukhuwah sebagai implementasi dari pemahaman strategi da’wah Rasulullah SAW di Madinah.
4 x 2
Jam Pelajaran
2 x Pertemuan
·   Buku PAI Kls X Kemdikbud
·   Buku lain yang menunjang
·   Multimedia Interaktif dan Internet












Mengetahui,                                                                                                                                                                                Jakarta,   Juli 2014
Kepala SMK                                                                                                                                                       Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
                                                                                                                                                                                   



No comments:

Post a Comment