PERANGKAT PEMBELAJARAN
SILABUS
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
(PAI & BP)
Satuan Pendidikan : SMA / SMK
Kelas / Semester : X /
Ganjil dan Genap
Nama Guru :
NIP / NIK :
Nama Sekolah :
|
SILABUS
Satuan Pendidikan : SMK
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti
Kelas : X (Sepuluh)
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong
royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro- aktif) dan menunjukan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
: Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan
dan peradaban terkait fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah,
menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||
1.1 Menghayati nilai-nilai keimanan kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.
|
||||||||
1.2 Berpegang teguh kepada Al-Qur’an, Hadits dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
|
||||||||
1.3 Meyakini kebenaran hukum Islam.
|
||||||||
1.4 Berpakaian sesuai dengan syari’at Islam
dalam kehidupan sehari-hari.
|
||||||||
2.1 Menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan
sehari-hari sebagai implemantasi dari pemahaman QS. Al-Maidah (5) : 8, QS.
At-Taubah (9) : 119 dan hadits terkait.
|
||||||||
2.2 Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada
orang tua dan guru sebagai implementasi dari pemahaman QS. Al-Isra (17) : 23
dan hadits terkait.
|
||||||||
2.3 Menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah
an-nafs), prasangka baik (husnudhan) dan
persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi dari pemahaman QS. Al-Anfal (8) : 72, QS. Al-Hujurat
(49) : 12 dan 10 serta hadits
terkait.
|
||||||||
2.4 Menunjukkan perilaku menghindarkan diri dari
pergaulan bebas dan perbuatan zina sebagai implementasi dari pemahaman QS.
Al-Isra’ (17) : 32 dan QS. An-Nur (24) : 2
serta hadits
terkait.
|
||||||||
2.5 Menunjukkan sikap semangat menuntut ilmu dan
menyampaikannya kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman QS.
At-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait.
|
||||||||
2.6 Menunjukkan sikap keluhuran budi, kokoh pendirian,
pemberi rasa aman, tawakkal dan perilaku adil sebagai implementasi dari
pemahaman Asmaul Husna (al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil,
al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl dan al-Akhiir).
|
||||||||
2.7 Menunjukkan sikap tangguh dan semangat menegakkan
kebenaran sebagai implementasi dari pemahaman strategi da’wah Rasulullah SAW di Mekah.
|
||||||||
2.8 Menunjukkan sikap semangat ukhuwah sebagai
implementasi dari pemahaman strategi da’wah Rasulullah SAW di Madinah.
|
||||||||
3.1 Menganalisis QS. Al-Anfal (8)
: 72), QS. Al-Hujurat (49) : 12 dan
QS. Al-Hujurat (49) : 10 serta
hadits tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnudhon) dan persaudaraan (ukhuwah).
3.2 Memahami manfaat dan hikmah
kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnudhon) dan
persaudaraan (ukhuwah) dan menerapkannya dalam kehidupan.
4.1.1 Membaca QS. Al-Anfal (8) :
72), QS. Al-Hujurat (49) : 12 dan
QS. Al-Hujurat (49) : 10 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhorijul huruf.
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan QS.
Al-Anfal (8) : 72), QS. Al-Hujurat
(49) : 12, QS. Al-Hujurat (49) : 10 dengan lancar.
|
1. QS. Al-Anfal (8) : 72, QS. Al-Hujurat (49) : 12 dan 10 serta hadits terkait perilaku kontrol diri
(mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnudhon) dan persaudaraan (ukhuwah).
|
·
Mengamati
Menyimak bacaan, membaca, mengidentifikasi hukum bacaan (tajwid) dan
mencermati kandungan QS. Al-Anfal (8)
: 72, QS. Al-Hujurat (49) :12 dan QS. Al-Hujurat (49) :10 serta hadits
terkait.
Mencermati manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnudhon) dan persaudaraan (ukhuwah) melalui tayangan video atau media
lainnya.
·
Menanya
Menanyakan cara membaca QS. Al-Anfal (8) : 72, QS. Al-Hujurat (49) :
12 dan 10.
Mengajukan pertanyaan terkait hukum tajwid, asbabun nuzul dan isi
kandungan QS. Al-Anfal (8)
: 72), QS. Al-Hujurat (49) : 12 dan
QS. Al-Hujurat (49) : 10
serta hadits terkait.
·
Mengumpulkan
data / eksplorasi
Mendiskusikan cara membaca QS. Al-Anfal (8) : 72, QS. Al-Hujurat (49) : 12 dan 10 sesuai dengan hukum bacaan
tajwid.
Menterjemahkan QS. Al-Anfal (8) : 72,
QS. Al-Hujurat (49) : 12 dan 10 serta hadits terkait.
Menganalisis asbabun nuzul / wurud dan
kandungan QS. Al-Anfal (8) : 72), QS. Al-Hujurat (49) :12 dan QS. Al-Hujurat
(49) :10 serta hadits terkait.
·
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan dari kandungan QS.
Al-Anfal (8) : 72), QS. Al-Hujurat (49) :12 dan QS. Al-Hujurat (49) : 10 serta hadits terkait.
·
Mengkomunikasikan
Mendemonstrasikan bacaan (hafalan),
menyampaikan hasil diskusi tentang QS. Al-Anfal (8) : 72, QS. Al-Hujurat (49)
: 12 dan 10 serta hadits terkait secara individu maupun kelompok.
|
·
Tugas
Menghafal QS. Al-Anfal (8) : 72, QS.
Al-Hujurat (49) :12 dan QS. Al-Hujurat (49) : 10 serta hadits terkait dengan
cara mengisi lis (lembar tugas
hafalan).
·
Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang memuat :
§
isi
diskusi (hukum bacaan, kandungan ayat), manfaat dan hikmah perilaku kontrol diri
(mujahadah an-nafs), prasangka baik (husndhon) dan
persaudaraan (ukhuwah).
§
sikap
yang ditunjukkan peserta didik terkait dengan
perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnudhon) dan persaudaraan (ukhuwah)
·
Portofolio
Melaporkan hasil obervasi berupa
paparan tentang kandungan QS. Al-Anfal (8) : 72, QS. Al-Hujurat
(49) : 12 dan 10 serta hadits terkait.
Membuat paparan analisis dan
identifikasi hukum bacaan yang ada pada QS. Al-Anfal (8) : 72, QS. Al-Hujurat (49) : 12 dan 10.
Membuat laporan perkembangan hafalan QS. Al-Anfal (8) : 72, QS. Al-Hujurat (49) : 12 dan 10 serta hadis terkait.
·
Tes
Tulis
Menyalin QS. Al-Anfal (8) : 72), QS.
Al-Hujurat (49) :12 dan QS. Al-Hujurat (49) : 10 serta mengidentifikasi hukum
bacaan tajwidnya.
Menjawab soal-soal tentang isi
kandungan QS. Al-Anfal (8) : 72, QS. Al-Hujurat (49) : 12 dan 10 serta hadis terkait.
·
Tes
Lisan
Membaca dan menghafal QS. Al-Anfal (8)
: 72), QS. Al-Hujurat (49) : 12 dan QS. Al-Hujurat (49) :10 serta hadits
terkait.
|
12 x 2
Jam Pelajaran
6 x
Pertemuan
|
·
Buku
PAI Kls X Kemdikbud
·
Al-Quran
dan Al-Hadits
·
Buku
Tajwid
·
Kitab
Tafsir Al-Qur’an
·
Buku
lain yang menunjang
·
Multimedia
Interaktif dan Internet
|
|||
3.3 Menganalisis QS. Al-Isra’ (17) : 32 dan
QS. An-Nur (24) : 2 serta hadits tentang larangan pergaulan bebas dan
perbuatan zina.
3.4 Memahami manfaat dan hikmah larangan pergaulan bebas
dan perbuatan zina.
4.2.1 Membaca QS. Al-Isra’ (17) :
32 dan QS. An-Nur (24) : 2
sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf.
4.2.2 Mendemonstrasikan hafalan QS.
Al-Isra’ (17) : 32 dan QS. An-Nur
(24) : 2 dengan lancar.
|
2.
Perilaku menghindarkan
diri dari pergaulan bebas dan perbuatan zina.
|
·
Mengamati
Menyimak bacaan, mengidentifikasi
hukum bacaan (tajwid) dan mencermati kandungan QS. Al-Isra’ (17) : 32 dan QS. An-Nur (24) : 2 serta hadits terkait.
Mencermati manfaat dan hikmah larangan pergaulan bebas dan perbuatan
zina melalui tayangan video atau media lainnya.
·
Menanya
Menanyakan cara membaca hukum tajwid,
asbabun nuzul dan isi kandung an QS. Al-Isra’ (17) : 32 dan QS. An-Nur (24) : 2 serta hadits terkait.
·
Mengumpulkan
data / eksplorasi
Mendiskusikan cara membaca sesuai
dengan tajwid, menganalisis asbabun nuzul / wurud dan kandungan QS. Al-Isra’ (17) : 32 dan QS. An-Nur (24) : 2 serta hadits terkait.
·
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan dari kandungan QS. Al-Isra’ (17) : 32 dan QS. An-Nur (24) : 2 serta hadits terkait.
·
Mengkomunikasikan
Mendemonstrasikan bacaan (hafalan),
menyampaikan hasil diskusi tentang QS. Al-Isra’ (17) : 32 dan QS. An-Nur (24) : 2 serta hadits terkait secara individu maupun kelompok.
|
·
Tugas
Menghafal QS. Al-Isra’ (17) : 32 dan QS. An-Nur (24) : 2 serta hadits terkait dengan cara mengisi lis (lembar tugas hafalan).
·
Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang memuat :
§
isi
diskusi (kandungan ayat dan hukum bacaan).
§
sikap
yang ditunjukkan peserta didik terkait dengan perilaku menghindarkan diri
dari pergaulan bebas dan perbuatan zina.
·
Portofolio
Melaporkan hasil obervasi berupa
paparan tentang kandungan QS. Al-Isra’ (17) : 32 dan QS. An-Nur (24) : 2 serta hadits terkait.
Membuat paparan analisis dan
identifikasi hukum bacaan yang ada pada QS. Al-Isra’ (17) : 32 dan QS. An-Nur (24) : 2.
Membuat laporan perkembangan hafalan QS. Al-Isra’ (17) : 32 dan QS. An-Nur (24) : 2 serta hadits terkait.
·
Tes
Tulis
Menyalin QS. Al-Isra’ (17) : 32 dan QS. An-Nur (24) : 2 serta mengidentifikasi hukum bacaan tajwidnya.
Menjawab soal-soal tentang isi
kandungan QS. Al-Isra’ (17) : 32 dan QS. An-Nur (24) : 2 serta hadits terkait.
·
Tes
Lisan
Membaca dan menghafal QS. Al-Isra’ (17) : 32 dan QS. An-Nur (24) : 2 serta hadits terkait.
|
6 x 2
Jam
Pelajaran
3 x
Pertemuan
|
·
Buku
PAI Kls X Kemdikbud
·
Al-Quran
dan Al-Hadits
·
Buku
Tajwid
·
Kitab
Tafsir Al-Qur’an
·
Buku
lain yang menunjang
·
Multimedia
Interaktif dan Internet
|
|||
3.5 Memahami makna sifat jaiz, sifat wajib, sifat mukhal
dan asmaul Husna : (al-Kariim, al-Mu’min,
al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl dan al-Akhiir).
4.3 Berperilaku yang mencontohkan
keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil
sebagai implementasi dari pemahaman makna Asmaul Husna (al-Kariim, al-Mu’min,
al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl dan al-Akhiir).
|
3.
Iman kepada Allah SWT (sifat jaiz, sifat wajib, sifat
mukhal dan asmaul Husn : al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin,
al-Jaami’, al-‘Adl dan al-Akhiir).
|
·
Mengamati
Mencermati bacaan teks tentang Asmaul Husna (al-Kariim, al-Mu’min,
al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl dan al-Akhiir).
Meyimak penjelasan materi di atas
melalui tayangan video atau media lainnya.
·
Menanya
Mengapa Allah SWT memiliki nama yang
begitu banyak ?
Apa yang harus dilakukan oleh umat
Islam terkait nama-nama Allah SWT yang indah itu ?
·
Mengumpulkan
data / eksplorasi
Peserta didik mendiskusikan makna dan
contoh perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan
perilaku adil sebagai implementasi dari pemahaman makna Asmaul Husna
(al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl dan
al-Akhiir).
Guru mengamati perilaku keluhuran budi,
kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil melalui lembar pengamatan di sekolah.
Guru berkolaborasi dengan orang tua
untuk mengamati perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa
aman, tawakal dan perilaku adil di
rumah.
·
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan materi di atas.
·
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan / menyampaikan hasil
diskusi tentang materi di atas.
|
·
Tugas
Mengumpulkan data (gambar, berita,
artikel tentang perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa
aman, tawakal dan perilaku adil).
·
Observasi
Mengamati teman sejawat tentang
perilaku keluhuran budi,
kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil di lingkungan sekolah, rumah maupun
masyarakat melalui lembar pengamatan.
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang memuat :
§
isi
diskusi.
§
sikap
yang ditunjukkan saat pelaksanaan diskusi dan kerja kelompok.
·
Portofolio
Membuat paparan analisis dari hasil
observasi tentang perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa
aman, tawakal dan perilaku adil.
·
Tes
Tulis
Tes kemampuan kognitif dengan menjawab
soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang
Asmaul Husna
(al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl dan
al-Akhiir).
·
Tes
Lisan
Menjelaskan hasil pengamatan tentang
perilaku keluhuran budi,
kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil sebagai implemantasi dari Asmaul Husna
(al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl dan
al-Akhiir).
|
6 x 2
Jam Pelajaran
3 x
Pertemuan
|
·
Buku
PAI Kls X Kemdikbud
·
Buku
lain yang menunjang
·
Multimedia
Interaktif dan Internet
|
|||
3.6 Memahami
makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT.
4.4
Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Malaikat-malaikat
Allah SWT.
|
4. Iman kepada Malaikat-malaiakat Allah SWT
|
·
Mengamati
Mencermati bacaan teks tentang makna dan contoh
perilaku beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.
Meyimak penjelasan materi di atas melalui
tayangan video atau media lainnya.
·
Menanya
Mengapa kita harus beriman kepada Malaikat ?
Apa yang harus dilakukan oleh orang
yang beriman kepada Malaikat ?
·
Mengumpulkan
data / eksplorasi
Peserta didik mendiskusikan makna dan
contoh perilaku beriman kepada
Malaikat.
Guru mengamati perilaku beriman kepada Malaikat melalui lembar
pengamatan di sekolah.
Guru berkolaborasi dengan orang tua
untuk mengamati perilaku beriman
kepada Malaikat di rumah.
·
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang makna beriman
kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.
·
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan / menyampaikan hasil
diskusi tentang beriman kepada Malaikat-malaikat
Allah SWT.
|
·
Tugas
Mengumpulkan data (gambar, berita,
artikel tentang perilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Malaikat-malaikat
Allah SWT).
·
Observasi
Peserta didik melakukan pengamatan terhadap perilaku menghayati
nilai-nilai keimanan kepada
Malaikat-malaikat Allah SWT melalui lembar pengamatan di
lingkungan sekolah, rumah maupun masyarakat.
·
Portofolio
Melaporkan hasil obervasi berupa
paparan tentang makna beriman kepada Malaikat.
Membuat paparan analisis tentang
perilaku orang-orang yang beriman kepada Malaikat.
·
Tes
Tulis
Tes kemampuan kognitif dengan menjawab
soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang iman kepada Malaikat.
·
Tes
Lisan
Memaparkan hasil pengamatan tentang
perilaku orang-orang yang beriman kepada Malaikat.
|
6 x 2
Jam Pelajaran
3 x
Pertemuan
|
·
Buku
PAI Kls X Kemdikbud
·
Buku
lain yang menunjang
·
Multimedia
Interaktif dan Internet
|
|||
3.7 Memahami QS. At-Taubah (9) :
122 dan hadits terkait tentang semangat mencari ilmu, menerapkan dan menyampaikannya kepada
sesama.
4.5
Menceritakan
tokoh-tokoh teladan dalam semangat mencari ilmu
|
5. Semangat mencari ilmu dan menyam pai kannya kepada sesama.
|
·
Mengamati
Mencermati bacaan teks tentang QS. At-Taubah
(9) : 122 dan hadits terkait tentang semangat mencari ilmu, menerapkan dan menyampaikannya kepada
sesama.
Meyimak penjelasan materi di atas
melalui tayangan video atau media lainnya.
·
Menanya
Mengapa harus mencari ilmu ?
Bagaimana cara menyampaikan ilmu
kepada sesama ?
·
Mengumpulkan
data / eksplorasi
Peserta didik mendiskusikan makna dan
contoh semangat mencari ilmu, menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama sebagai
implementasi pemahaman kandungan QS. at-Taubah (9) :
122 dan hadits terkait.
Guru mengamati perilaku contoh semangat mencari ilmu, menerapkan dan menyaampaikannya kepada sesama
melalui lembar pengamatan di sekolah.
Guru berkolaborasi dengan orang tua
untuk mengamati perilaku semangat mencari ilmu, menerapkan
dan menyaampaikannya kepada sesama di
rumah.
·
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang semangat mencari ilmu dan menyampaikannya
kepada sesama.
·
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan / menyampaikan hasil
diskusi tentang semangat mencari ilmu dan menyampaikan nya kepada sesama.
|
·
Tugas
Mengumpulkan data (gambar, berita,
artikel tentang semangat mencari ilmu, menerap kan dan menyampaikannya
kepada sesama).
·
Observasi
Peserta didik melakukan pengamatan terhadap perilaku semangat mencari ilmu, menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama sebagai
implementasi pemahaman kandungan QS. at-Taubah (9) :
122 dan hadits terkait
melalui lembar pengamatan di lingkungan sekolah, rumah maupun masyarakat.
·
Portofolio
Melaporkan hasil obervasi berupa
paparan tentang makna dan contoh semangat mencari ilmu, menerapkan
dan menyampaikannya kepada sesama.
Membuat paparan analisis tentang makna
dan contoh semangat mencari ilmu, menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama.
·
Tes
Tulis
Tes kemampuan kognitif dengan menjawab
soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang
semangat mencari ilmu dan menyampaikannya
kepada sesama.
·
Tes
Lisan
Memaparkan hasil pengamatan tentang
perilaku orang-orang yang semangat mencari ilmu dan
menyampaikannya kepada sesama.
|
6 x 2
Jam Pelajaran
3 x Pertemuan
|
·
Buku
PAI Kls X Kemdikbud
·
Al-Qur’an
dan Al-Hadits
·
Kitab
Tafsir Al-Qur’an
·
Buku
lain yang menunjang
·
Multimedia
Interaktif dan Internet
|
|||
3.8 Memahami
kedudukan Al-Qur’an, Hadits dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
4.6 Menyajikan
macam-macam sumber hukum Islam dan hukum taklifi.
|
6. Sumber Hukum Islam
|
·
Mengamati
Mencermati bacaan teks tentang kedudukan
al-Qur’an, al-Hadits dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
Meyimak penjelasan materi tersebut di
atas melalui tayangan video atau media lainnya.
·
Menanya
Mengapa Al-Qur’an, Hadits dan
Ijtihad sebagai sumber hukum Islam ?
Apa yang anda pahami tenang Al-Qur’an,
Hadits dan Ijtihad ?
·
Mengumpulkan
data / eksplorasi
Peserta didik mendiskusikan makna Al-Qur’an,
Hadits dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
Guru mengamati perilaku berpegang
teguh kepada Al-Qur’an,
Hadits dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
Guru berkolaborasi dengan orang tua
untuk mengamati perilaku berpegang teguh kepada Al-Qur’an, Hadits dan
Ijtihad di rumah.
·
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang sumber hukum Islam.
·
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan / menyampaikan hasil
diskusi tentang sumber hukum Islam.
|
·
Tugas
Mengumpulkan data (gambar, berita,
artikel tentang perilaku berpegang teguh kepada al-Qur’an, al-Hadits dan Ijtihad).
·
Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang memuat isi diskusi dan sikap saat diskusi.
Mengamati perilaku orang-orang yang
berpegang teguh kepada al-Qur’an, al-Hadits dan Ijtihad
·
Portofolio
Membuat paparan tentang kedudukan dan
fungsi al-Qur’an, al-Hadits dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
·
Tes
Tulis
Tes kemampuan kognitif dengan menjawab
soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang
kedudukan dan fungsi al-Qur’an, al-Hadits dan ijtihad sebagai sumber
hukum Islam.
·
Tes
Lisan
Memaparkan hasil pengamatan perilaku
berpegang teguh kepada al-Qur’an, al-Hadits dan Ijtihad serta menganalisis
dan menanggapinya.
|
8 x 2
Jam Pelajaran
4 x
Pertemuan
|
·
Buku
PAI Kls X Kemdikbud
·
Al-Qur’an
dan Al-Hadits
·
Buku
lain yang menunjang
·
Multimedia
Interaktif dan Internet
|
|||
3.9 Memahami
pengelolaan zakat,haji dan waqaf.
4.7.1
Menyajikan dalil tentang ketentuan zakat, haji dan waqaf.
4.7.2 Menyajikan
pengelolaan zakat, haji dan waqaf.
|
7.
Pengelolaan
zakat, haji dan waqaf
|
·
Mengamati
Mencermati bacaan teks tentang
pengertian, ketentuan dan hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan zakat,
haji dan waqaf.
Meyimak penjelasan materi di atas
melalui tayangan video atau media lainnya.
·
Menanya
Mengapa zakat, haji dan waqaf harus
dikelola ?
Bagaimana cara mengelola zakat, haji
dan waqaf ?
·
Mengumpulkan
data / eksplorasi
Peserta didik mendiskusikan makna dan
ketentuan zakat, haji dan waqaf serta pengeloalaannya.
·
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan materi pengelolaan zakat,
haji dan waqaf.
·
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan / menyampaikan hasil
diskusi tentang materi pengelolaan zakat, haji dan waqaf.
|
·
Tugas
Mengumpulkan data (gambar, berita,
artikel tentang pengelolaan zakat, haji dan waqaf).
·
Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang memuat isi diskusi dan sikap saat diskusi.
Mengamati pengelolaan zakat, haji dan waqaf.
·
Portofolio
Membuat paparan dan menganalisis
tentang pengelolaan zakat, haji dan waqaf.
·
Tes
Tulis
Tes kemampuan kognitif dengan menjawab
soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang
ketentuan dan pengelolaan zakat, haji dan waqaf.
·
Tes
Lisan
Memaparkan hasil pengamatan tentang
pengelolaan zakat, haji dan waqaf.
|
6 x 2
Jam Pelajaran
3 x
Pertemuan
|
·
Buku
PAI Kls X Kemdikbud
·
Buku
lain yang menunjang
·
Multimedia
Interaktif dan Internet
|
|||
3.10. Memahami substansi dan
strategi da’wah Rasullullah SAW di Mekah.
4.8. Mendeskripsikan substansi dan
strategi da’wah Rasullullah SAW di Mekah.
|
8.
Meneladani
Perjuangan Rasulullah SAW di Mekah.
|
·
Mengamati
Mencermati bacaan teks tentang substansi dan
strategi da’wah Rasullullah SAW di Mekah.
Meyimak penjelasan materi tersebut di
atas melalui tayangan video atau media lainnya.
·
Menanya
Apa substansi da’wah Rasulullah SAW di
Mekah ?
Bagaimana strategi da’wah Rasulullah SAW
di Mekah ?
·
Mengumpulkan
data / eksplorasi
Peserta didik mendiskusikan substansi dan
strategi da’wah Rasullullah SAW di
Mekah.
Guru mengamati perilaku tangguh dan
semangat menegakkan kebenaran dalam kehidupan sehari-hari.
Guru berkolaborasi dengan orang tua
untuk mengamati perilaku tangguh dan semangat menegakkan kebenaran dalam
kehidupan sehari-hari di rumah.
·
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang substansi dan
strategi da’wah Rasullullah SAW di Mekah.
·
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan / menyampaikan hasil
diskusi tentang substansi dan strategi da’wah Rasullullah SAW di Mekah.
|
·
Tugas
Mengumpulkan data (gambar, berita,
artikel tentang substansi dan strategi da’wah Rasullullah SAW
di Mekah).
·
Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang memuat isi diskusi dan sikap saat diskusi.
Mengamati perilaku orang-orang yang
memiliki sikap tangguh dan
semangat menegakkan kebenaran sebagai implementasi dari pemahaman tentang strategi da’wah Rasulullah SAW di Mekah.
·
Portofolio
Membuat paparan tentang substansi dan
strategi da’wah Rasullullah SAW di Mekah.
Membuat paparan tentang perilaku
orang-orang yang memiliki sikap tangguh dan semangat menegakkan kebenaran.
·
Tes
Tulis
Tes kemampuan kognitif dengan menjawab
soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang
substansi dan
strategi da’wah Rasullullah SAW di Mekah.
·
Tes
Lisan
Memaparkan hasil pengamatan tentang
perilaku orang-orang yang memiliki sikap tangguh dan semangat menegakkan kebenaran
sebagai implementasi dari pemahaman tentang strategi da’wah Rasulullah SAW di Mekah.
|
4 x 2
Jam Pelajaran
2 x
Pertemuan
|
·
Buku
PAI Kls X Kemdikbud
·
Buku
lain yang menunjang
·
Multimedia
Interaktif dan Internet
|
|||
3.11. Memahami substansi dan strategi
da’wah Rasullullah SAW di Madinah.
4.9. Mendeskripsikan substansi dan
strategi da’wah Rasullullah SAW di Madinah.
|
9.
Meneladani
Perjuangan Rasulullah SAW di Madinah
|
·
Mengamati
Mencermati bacaan teks tentang substansi dan strategi da’wah
Rasullullah SAW di Madinah.
Meyimak penjelasan materi tersebut di
atas melalui tayangan video atau media lainnya.
·
Menanya
Apa substansi da’wah Rasulullah SAW di
Madinah ?
Bagaimana strategi da’wah Rasulullah
SAW di Madinah ?
·
Mengumpulkan
data / eksplorasi
Peserta didik mendiskusikan substansi dan
strategi da’wah Rasullullah SAW di Madinah.
Guru mengamati perilaku semangat
ukhuwah sebagai implementasi dari pemahaman strategi da’wah Rasulullah SAW di
Madinah.
Guru berkolaborasi dengan orang tua
untuk mengamati perilaku semangat ukhuwah sebagai implementasi dari pemahaman
strategi da’wah Rasulullah SAW di Madinah.
·
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan materi substansi dan strategi da’wah Rasullullah SAW di Madinah.
·
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan / menyampaikan hasil
diskusi tentang materi substansi dan strategi da’wah Rasullullah SAW di Madinah.
|
·
Tugas
Mengumpulkan data (gambar, berita,
artikel tentang substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW
di Madinah).
·
Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang memuat isi diskusi dan sikap saat diskusi.
Mengamati perilaku orang-orang yang
memiliki semangat ukhuwah sebagai implementasi dari pemahaman strategi da’wah
Rasulullah SAW di Madinah.
·
Portofolio
Membuat paparan tentang substansi dan strategi da’wah Rasullullah SAW di Madinah.
Membuat paparan tentang perilaku
orang-orang yang memiliki sikap semangat
ukhuwah sebagai implementasi dari pemahaman strategi da’wah Rasulullah SAW di
Madinah.
·
Tes
Tulis
Tes kemampuan kognitif dengan menjawab
soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang
substansi dan
strategi da’wah Rasullullah SAW di Madinah.
·
Tes
Lisan
Memaparkan hasil pengamatan tentang
perilaku orang-orang yang memiliki sikap semangat ukhuwah sebagai implementasi dari pemahaman strategi da’wah
Rasulullah SAW di Madinah.
|
4 x 2
Jam Pelajaran
2 x
Pertemuan
|
·
Buku
PAI Kls X Kemdikbud
·
Buku
lain yang menunjang
·
Multimedia
Interaktif dan Internet
|
|||
Mengetahui, Jakarta,
Juli 2014
Kepala SMK Guru
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
No comments:
Post a Comment